Thursday, November 30, 2017

Fiza belajar makan sendiri

Game level 2 hari ke 1
Hari ini merupakan Hari pertama game level kedua. Fiza termasuk anak yang cukup mandiri kalau menurut Saya karena sudah bisa meminta sesuatu apa yang diinginkan. Contohnya minta dipakaikan baju, minta susu, Dan menaruh baju Kotor pada tempatnya.
Namun Hari ini Saya melatih kemandirian hafizah dengan belajar makan sendiri. Walaupun emang makannya agak Susah. Lahap makan kalau pakai sayur bakso Dan sosis.
Habis solat magrib fiza minta makan kemudian Saya pun memberikan nasi, sayur tumis toge Dan tahu goreng tepung.
Awalnya makannya lancar namun beberapa menit kemudian taraaaaa berserakan dilantai. Sabar Umi mu nak.... Demi kemandirian akhirnya umi membersihkan nasi yang berserakan sambil mengajak fiza membantu.
Belum selesai makan fiza udah minta susu. Akhirnya Saya pun memberikan asi.


#Harike 1
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian



Tuesday, November 28, 2017

Sang Buah Hati


Assalamualaikum wr.wb

Perkenalkan nama gadis kecil ini hafizah Nur Humairoh. Lahir pada tanggal 18 februari 2016 HPL seharusnya tanggal 21 februari. si kecil gak mau lahir tanpa abinya. jadi sebelum tidur malam tanggal 17 malam saya mengelus perut saya mengajak ngobrol saya bilang ke hafizah" dek kalau mau lahir sebelum atau sesudah abi bawa tamu ya. karena tanggal 19 abinya ada tamu dari singapore. Pukul 03.20 wib dini hari saya sudah tidak bisa tidur dan bangun saya bawa solat. kemudian berdoa " Ya Allah jika memang udah waktu lahir anak saya hari ini maka permudahlah. suami pun menelpon bidan rencana saya buat lahiran disana mengingat dekat dengan rumah. kemudian saya memastikan ke toilet ternyata tanda mau lahiran udah ada.

Dan sampai di klinik udah buka 4 yaitu pukul 04.30, bidan menyuruh saya untuk membawanya jalan namun saya udah tidak sanggup jalan lagi hanya terbaring lemes menahan kesakitan. saya pun udah lemes dan akhirnya di infus karena udah tidak kuat. selama persalinan suami dampingi saya  hingga pukul 14.45 hafizah baru lahir, suami menangis haru gembira. wajar saja Surga di telapak kaki ibu karena perjuagan seorang ibu sungguh luar biasa. kemudian Fiza menjalani IMD 

Rasanya setelah melihat sikecil ini hilang semua rasa yang dirasakan sakit tadi. namun usia 2 bulan fiza udah saya tinggal kerja mengingat harus PKL untuk semester lanjut kuliah. sedih rasanya meniggalkan anak yang masih 2 bulan. namun pada saat itu saya masih bisa pulang untuk memberi ASI dan mempunyai persediaan ASI yang lumayan banyak. sekali pumping bisa dapat 2 botol UC 1000. karena usia 7 bulan ASI saya udah keluar.

Hingga usia 1 tahun lebih fiza masih saya titipkan dengan budenya. namun saya terkadang menangis karena jika saya berangkat kerja fiza tidak menangis namun kalau budenya tinggal fiza nangis. Hancur sekali hati ini tidak bisa mendampingi dia dirumah, hanya mendengar cerita budenya tentang perkembangan fiza, dan malam hari harus saya tinggal kuliah sampai pukul 22.30 wib, maafkan umi ya nak.... umi belum bisa sama adek full dirumah,,,, umi belum bisa ajak adek main naik sepeda keliling setiap pagi,,,, maafkan umi ya nak,,,,,

Belum lagi mendapat hujatan dari tetangga.... "kok tega kali ya anaknya masih kecil udah di tinggal pergi kerja malam kuliah"

Ya Allah hanya engkau yang tahu, sebenarnya sedih melihat anak sperti itu,,,,, namun keadaan yang membuat saya harus seperti ini. Tidak ada ibu yang ingin meninggalkan anaknya dirumah bersama orang lain wahai sahabat,,,, 

terkadang emosi membuat fiza harus menjadi sasarannya ,,,,, maafkan umi ya sayang. walaupun fia belum mengerti tapi umi sayang fiza. fiza anak yang cerdas dan pintar,,,,Saya merasa belum bisa menjadi ibu yang bisa diidolakan anak saya. saya berharap fiza menjadi anak solihah yang bisa bermanfaat bagi agama dan bermanfaat bagi orang lain. Doa umi yang terbaik buat adek ya,,,,,,

satu doa umi semoga umi diberikan umur yang panjang agar bisa mendidik fiza dirumah full time ya nak,,,,,,,

Terima kasih kepada akak july yang telah membuat saya berlinang air mata mengingat masa lalu



Friday, November 24, 2017

Aliran Rasa Komunikasi Produktif # Game level 1

Assalamualaikum wr.wb

Tantangan game level 1 tentang komunikasi produktif mengajarkan saya bagaimana berkomunikasi yang baik terhadap keluarga terutama anak. karena kalau kita ngomong teriak-teriak si kecil akan mengikuti apa yang terlihat olehnya, oleh karena itu sangat penting sekali dalam kehidupan ini komunikasi produktif. Ternyata saya masih jauh dari komunikasi produktif sebelumnya namun setelah belajar jadi nambah deh ilmunya.


kasian kadang kalau saya jauh dari kesabaran ank jadi korban dari kemarahan saya. pernah sekali sampai saya tidak memberi dia asi padahal udah nagis-nangis hafizah. akibat komunikasi yang tidak produktif dengan abinya menyebabkan anak jadi korbannya. Ya Allah ampuni  saya

Dalam prakteknya saya menemukan hal yang tidak disuakai anak saya , hafizah anak yang tidak mau dikasari, pengen dengan kelembutan dan senyuman serta bernyanyi kalau mau mengajaknya. komunikasi produktif ini bukan saja saya terapkan kepada keluarga namun kepada semua orang agar menghindari kesalahpahaman dan lain-lain

dan alhamdulillah kemaren saya mendapatkan outstanding badge perfomance namun itu semua hanya sebagai penyemangat yang terpenting adlah aplikasi dalam kehidupan saya sehari-hari. terimakasih mbak Rahma selaku fasilitator.

Tuesday, November 21, 2017

Lapis Jagung yang tertinggal

Jadi ceritanya pagi kemarin saya ke dapur dan tidak menemukan kue untuk dijual dikantor. Saya pun mengambil jagung yang udah dibersihkan di kulkas dan membuatnya menjadi bakwan jagung. saya pun berangkat ke kantor.

setelah pulang dari kantor dan ibu saya pun menanyakan
" habis lapis jagungnya,kak?"
" emang ada mamak simpan buat dijual?" sambil merengutkan wajah
" lha mamak kira kamu udah bawa?"
" gak ada dikasih tahu sama adek?" biasakan di kasih tahu,,, udah kakak buka semua tapi gak nemu
makanya gak dibawa. lagian mamak biasa telpon kalau siang nanyain habis tidaknya. makanya kirain emang gak ada disimpan. mengoceh lah ibu saya karena udah buat capek2 eh gak di bawa pula ye kan,,,,,. saya pun memasak buat makan malam. setelah itu saya merayu mamak mamak jaman now ini. akhirnya saya mengambil hati nya dengan menanyakan

" apa yang mau dibantu?" sambil senyum-senyum
" gak ada !!! jawab ibu

saya pun berinisiatif mencuci piring karena melihat banyak baskom dan perlengkapan kue yang kotor.

upss langsung di panggil,,,,

" tolong tumbukkan katu manis..... ( tadi katanya gak mau eh dipanggil juga bathin saya)

saya pun mengerjakan apa yang diperintahkan ibu,,,,,,,,

setelah selesai apa yang diperintahkan saya pun lanjut mengeloni hafizah.

intinya ya itu kurangnya komunikasi produktif yang mengakibatkan miss communication.  Dari itu mengapa pentingnya menerapkan komunikasi produktif.... hehehhe

semoga besok tidak terjadi lagi amiin,,,,  


Tuesday, November 14, 2017

Mencoba Resep Baru " Me Time"

Waktu masih gadis me time nya biasa ke salon, cari buku di gramedia yang berhubungan dengan pengembangan diri. tapi banyak buku saya yang habis karena di telan banjir. setelah menikah lebih suka re-cook kue dan lauk pauk.

soalnya pas hamil kan sendiri di rumah suami kerja, akhirnya senang dengan memasak. Pagi belanja ke pasar siang masak, sedangkan suami pulangnya malam dan kadang udah makan diluar. akhirnya calling temen deket suruh makan dirumah. karena kepuasan seorang apabila masakan nya habis itu aka kok......

saya bersyukur karena suami juga senang masak jadi me time kami di dapur heheheh,,,, co cweeet. kalau pergi makan misalnya ke suatu tempat  dan merasa enak dilidah pasti pulangnya bilang " nanti masak sendiri ya dek di rumah?" gubraaak oke mas.....

pernah sekali makan udang telur asin di sebuah kelong eh pulangnya searhing di google.  kapan ada waktu praktek deh. kalau ada waktu luang aja kalau tidak sempat masak kadang beli juga. apalagi kalau saya sakit pengennya yang dibeli gak enak dilidah kalau yang dimasak sendiri.

Seneng mempunyai suami yang seneng masak hehehe jadi kalau saya malas masak tinggal rayu aja,,, mas kan enak tuh kalau masak, gantian dong masaknya hehehe. kalau untuk me time dengan keluarga  di hari sabtu dan minggu. kadang sabtu minggu nginap di rumah bude fiza yang di tiban, kadang di Marina. pokoknya kalau sabtu minggu jarang dirumah deh.

berikut foto hasil re-cook dirumah

Putu Mayang
Putu mayang ini terbuat dari tepung beras kemudian makannya pakai air gula yang dimasak dengan santan.

Nugget Tempe

Pizza ala umi fiza


Biasa kalau abinya ada tamu kadang mengajak fiza ke supermarket sambil belanja dan fizanya main odong-odong modal lima ribu rupiah udah puas mainnya. antusias sekali soalnya kalau di ajak jalan-jalan.

Sesuatu kebahagiaan tidak diukur dengan materi tapi seberapa kitanya bisa menikmati moment indah bersama keluarga. duh kata katanya dapat dari mana ya ini. terima kasih mbak @ovi untuk temanya minggu ini....

Sunday, November 12, 2017

Membantu Umi, dan Belajar

Alhamdulilah ini hari ke-10 dalam menyelesaikan tantangan komunikasi produktif. aktivitas yang udh di lewati hafizah hari ini minggu banyak sekali...... fiza ingin membantu uminya masak di dapur.

" mi cini,,,,?" ingin membantu maksudnya menumbuk bawang. hari ini mau masak perkedel tahu soalnya. setelah selesai buat bumbu saya kasih fiza untuk bermain dengan tumbukan.

menumbuk garam

Terkadang saya risih kalau diganggu sama fiza kalau sedang memasak. Tapi demi proses belajar semua harus direlakan. karena jika dilarang akan membuatnya menangis. setelah selesai bermain fiza mencari abinya karena ingin menunjukkan kalau fiza udah membantu uminya. hehehehe

setelah masak semua,,,, fiza meminta makan

" umi mamam.. awo !" (bakso maksdnya) untung uminya masak sendiri baksonya karena ini lauk favorit fiza,,,, kalau kurang lahap makan dikasih bakso langsung lahap lagi makannya.
" iya dek ." dan beberapa menit kemudian ia minta minum
" umi num,,,,?" mita minum ,,, 
"ambil gelasnya dek di sana?" saya memerintah untuk mengambil gelas. fiza langsung berlari mengambil dan langsung menuju dispenser untuk mengambil air. kebetulan dispensernya pendek dan bisa di capai oleh fiza.

setelah selesai makan pagi rapel sekalian makan siang, umi dan  abi berberes kamar. Memindahkan lemari dan akhirnya menempel angka di dinding.


" mana kaos kaki dek?" fiza pun menunjuknya dan menyebut kursi " dodok mi" tempat duduk maksudnya. alahamdulillah walaupun belum lancar berbicara namun fiza sudah mengerti dengan barang-barang disekitarnya. Sore ini jadwalnya undangan lagi ke Botania. seperti biasa diajak mandi sudah mulai nurut tapi pas mau dipakaikan baju, lagi-lagi berdrama.

" adek mau ikut umi?"

" ndak,,, eh karna liat uminya pakai baju bagus langsung deh dia cari jilbabnya sendiri

" umi ,,, bab bab,,,( meminta dipakaikan jilbab). 

kami pun berangkat kondangan bersama antinya karena Abinya masih ada tamu. pulang sebelum magrib dan fiza ingin ikut solat bersama uminya. setelah seleai solat fiza berdoa dengan khusuk.
 uminya iseng dan diam diam take picture.


 semoga jadi anak yang solehah ya nak,,,, belajar terus untuk menjadi anak yang pinter dan membanggakan

#hari10
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP





Saturday, November 11, 2017

Kondangan

Bulan ini hampir tiap minggu pergi walimahan. Alhamdulillah ya .....
Hari ini jadwalnya ke dua tempat yaitu ke taman Raya Dan Asrama haji.
Pukul 17.00 dayat adik Saya belum juga pulang.... Dia izon pakai motor sebentar .. tapi pas Saya mau pakai belum juga pulang.... Hem mau marah gak bisa harus tahan.... Bekum lagi Hari ini fiza penuh drama menangis.... Dari mulai mau Mandi.... Pakai baju.... Sampai persiapan may kondangan.
" Adek ayo pakai bajunya....." ( Masih aja lari ke Sana kemari....) Akhirnya fiza pipis deh dilantai.
" Fiza.... Kan Umi udah bilang kalau mau pipis bilang... Kemudian ke kamar Mandi dek....! Rempong deh jadinya....
Setelah Saya selesai membersihkannya Saya pun menyuruhnya diam.
" Adek mau ikut umi Kan?" Ayooo pakai bajunya....
" Iya.... Ngomongnya iya tapi tetap aja masih lari.... Haddeh kurus Umi mu dek heheheheh
Akhirnya kami pun berangkat..... Dan tibalah di acara pernikahan teman Saya bernama Febri Dan Dwipa.....
Kami tidak lama disini karena Harus ke Asrama haji lagi....
Sesampai di tempat undangan kedua fiza langsung berlari mencari teman karena fiza tipe anak yang tidak mau diam. Saya biarkan saja dia berlari kesana kemari karena mau dilarang pun gak bisa, fiza ingin mengekspresikan kebebasannya...heheh.

" Adek.... Sini duduk?" Tidak menghiraukan apa yang Saya katakan
Akhirnya Saya kejar dia dan meminta untuk duduk cuma beberapa detik aja setelah it lanjut lari lagi. "Adek Umi pulang ya?"
" Ndaaak.... Tidak maksudnya.....
Kemudian kami pulang Dan mampir untuk solat di masjid sejenak.
Semua orang yang Ada di sapa sama hafizah.... Anaknya terlalu ramah walaupun dengan orang yang today dikenal,,, 

Pulang mampir ke Mustafa untuk main odong-odong. Kemudian pulang deh......

Dan pulang langsung mimik tidur blasss......



#hari9
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP


Fiza dan pamannya

Hari ini fiza ditemani pamannya karena abi Ada tamu dari singapore. Biasanya fiza bersama abi kalau uminya kerja
Dan iya bangun dengan tidak menangis.

" Fiza Hai ini sama paman ya?"
" Iya mi...." Umi ejja ( Umi kerja maksudnya)

Sebelum berangkat Saya memandikan Dan iming iming main air. Fiza senang kalau dibilang main air. setelah selesai Mandi belum lagi pakai baju fiza sudah meminta pena yang Ada di dalam lemarinya kaca.

" Umi, lis lis! Perintah fiza
" Tak Ada dek....?" Karena uminya tidak tahu fiza tarok disana.setelah Umi periksa lemari ternyata Ada hehehe
" Ada ....sambil tepuk tangan ...., Umi hanya tersenyum

" Ntak Tas mi tas.... ( Minta kertas) Saya pun memberikan kertas. Adek mau tulis apa.....

" Abi.... Umi... Hehehe ,,, sambil mencoret coret




Kemudian hafizah sambil berhitung

" Atu,ua, iga ,Pat  ( satu, dua, tiga, empat) fiza termasuk anak yang cepat karena iya mengerti apa yang Saya perintahkan.

Sore Saya Tanya kepada pamannya ,,,, "ngapain aja fiza Hari ini?"

" Ku ajak ke pom bensin , bengkel." Walah walah ternyata jalan sama paman nya ke pom bensin Dan bengkel.

" Adek kemana tadi sama paman?" 

" Bum bum...! Naik motor maksudnya 

" Dimana?"

" Auhhhh. Jauh maksudnya

Alhamdulillah fiza sudah mengerti jika ditanya sesuatu 

Hari ini belum maksimal membersamai hafizah. Karena Umi masih bekerja belum full menjadi mommy dirumah.

Terkadang sedih karena sampai dirumah fiza udh menunggu didepan pintu Dan meminta gendong.

Semoga tahun depan bisa menjadi full mom dirumah

Amiin.....


#hari8
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

Friday, November 10, 2017

Duplikat anak adalah orang tua

Suasan Subuh dihiasi dengan kumandang Azan, terbangunlah saya dari tidur. kemudian solat dan ke dapur untuk membantu ibu yang akan jualan pagi ini. Tidak lama mendengar suara hafizah menangis karena umi dan abi sudah tidak ada disampingnya. Abi telah berangkat kerja setelah solat subuh karena ada tamu hari ini. Pamannya pun datang membawanya ke dapur, karna uminya lagi goreng bakwan.
Dengan berlinang air Mata drama today mau turun dari gendongan uminya....
" Adek duduk dulunya dibawah?"
" Ndak....!  Sambil menangis Dan ingin minta mimik
" Ya udh mimik bentar aja ya?" Soalnya sambil goreng bakwan sambil menyusui fiza .....(jangan dibayangin)

"adek main sama boneka aja ya?"kemudian iya pun berlari mencari bonekanya. Beberapa menit kemudian ia datang sambil teriak
" umi .... ini dedek..." sambil menunjuk ke bonekanya (masak bonekanya di panggil adek nak)

setelah itu fiza pun lari ke kamar, saya pun ke kamar karena kalau dia diam itu pasti ada sesuatu yang dikerjakan. ternyata benar fia lagi menimang bonekanya hehehe







"adek ....mamam?" ditawarin makan malah ke bonekanya (hehehehhe) saya hanya tersenyum melihat tingkahnya yang ada ada saja.Saya  pun mengajaknya untuk mandi. Dan fiza menurut tanpa menangis terlebih dahulu.

"ayo mandi dek,,,,!" dia pun berlari ke kamar
" umi andok... (handuk maksudnya sebelum mandi iya selalu mencari handuknya yang warna pink)kalau gak dapet dia bilang " tak da....mi andok?" ...
setelah habis mandi hal yang paling kadang bikin saya mau marah adalah kalau mau di pakaikan baju dan celana pasti lari-lari dulu keliling kamar kadang kabur sampai ke ruang tamu.... tapi harus sabar-sabar...komunikasi produktif...

" adek kan pinter.... ayo pakai baju!" masih aja tuh kabur. kalau tidak di tangkap gak akan dia datang pakai baju. Tapi kalau di bilang " ayo mau pergi jalan-jalan gak?" cepet dia mau pakai baju.

Dan Ada Hal baru kemarin, emang bener kalau orang tua harus memberikan contoh dan omongan yang baik karena anak meniru apa yang kita lakukan. contohnya kemarin saya memanggil abinya 

"Mas,,,,?" eh dia nya ikut manggil abinya mas (uminya tepok jidat deh) terus saya panggil adik saya yang cowok
" Dayat.....?" eh fiza ikut juga manggil nya " yayat?"


walah harus diubah jadinya manggilnya kalau di depan hafizah


sekian dulu yeee cerita nyeee

#hari7
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

Wednesday, November 8, 2017

Banjir melanda


Dari malam hari hingga subuh masih hujan deras,,,, saya sadar pukul 05.30 wib. fiza masih menempel untuk mimik,,,,
" adek ,,,, umi mau solat dulu ya,,,?
" mmmm.....iya pun merengek... adek umi solat dulu ya?" saya mengulang dan langsung menghidupkan lampu,,, karena fiza terbiasa tidur dalam keadaan gelap. fiza pun bangun sambil matanya klier klier. dia pun nurut saat uminya membuka pampers yang penuh.
" abiii ngun! (bangun masksudnya) sambil duduk diatas perut abinya, uminya pun solat. setelah solat saya ajak fiza buat bantu nenek nya bungkus kue yangmau dibawa jualan pagi ini,,,
" adek duduk sini ya,samping umi?" iya pun nurut
 Setelah selesai saya pun ke kamar,,,,, jreng jreng jreng abinya habis solat tarik selimut sementara rumah udah banjir.... gimana uminya fiza gak marah cobaaaak
" abi bangunlah banjir itu!" (kalau saya panggil mas fiza ikut panggil mas)
" mau ngapain mas deeek?" jawab abinya,,,,haddeh ya anak nya itu main air diluar
"umi acah...(umi basah) anaknya udah basah kuyup kecebur air
" tuh kan apa umi bilang?"
" heheh acah mi! ( basah mi) dengan polosnya fiza senyum senyum
" ayo ganti baju dek? iya pun nurut.
abinya yang kadang agak buat uminya manyun manyun :)
uminya pun meninggalkan nya ke dapur sebentar,,,,,dan balik ke ruang tamu udah basah lagi bajunya ,,, ups ndak boleh marah,,,,

" adek ayo buka baju ya?" mandi sama umi"
" iya mi..." akhirnya nurut juga,,,,,,,,

sekian dulu ceritanya hari ini ya.......





#hari6
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

Tuesday, November 7, 2017

Sikecil disudut kamar

Minggu ini waktunya ganti sprei Dan fiza pun membantu uminya, dia semangat kalau masalah ganti mengganti. dengan semangat dia Naik ke kasur.
" Uuuh....! ( tangan nya Sambil menarik sprei)
" Adek tarik kesana ! Umi menyuruh
" Udah abiss?  Jawab fiza ( udah selesai maksudnya heheh)
" Belum dek....,,, Adek kesini dulu biar uni dorong"


setelah selesai hafizah naik ke meja rias melalui kasur dan ngoceh-ngoceh sendiri karena melihat bedak yang bertaburan di meja sambil berkata

" umi ini,,, ya Allah,,,,(kayak emak emak sebbel nomongnya) saya dan suami cuma tersenyum geli

tidak lama kemudian iya minta tidur,,,,,,,karena sudah capek,,,,,

sekian dulu ya cerita pendek fiza hari ini

#hari5
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP


Sunday, November 5, 2017

Perjalanan hidup cahaya


     Nama Saya nurbaini. Saya anak pertama dari 4 bersaudara. Ayah Saya telah meninggalkan kami sejak Saya kelas 3 smk. Jadi saya pengganti ayah Saya menjadi tulang punggung keluarga. Saya memiliki 1 adik cewek Dan 2 adik laki-laki.
    Perjalanan hidup Saya warna warni. Kalau mau dibilang hidup Saya penuh warna,,,assik. Mau tahu ceritanya? Let's go. Ibu saya berhasil mendidik Saya menjadi pribadi yang tangguh dalam mengahadapi hidup. Sejak SD saya sudah bisa mencuci baju, menyetrika, Dan berjualan kue. Saya senang karena dengan mengalami proses membantu ibu membuat kue yang bangun dari pukul 02.00 dini Hari sampai pagi dengan posisi besok mau sekolah itu Hari biasa,  kalHari minggu habis solat  subuh udah keliling door to door. Luar biasa ngantuknya..., belum lagi kalau mau Ada ulangan dikelas.... pagi Harus  belajar juga. Namun itu Saya jalani dengan senyuman karena Saya merasa senang kalau udh terima uang hasil jualan heheheh. Dan apa yang saya unginkan ibu selalu memberi.
      Namun Saya tidak malu kepada teman-teman Saya karna Saya tetap semangat belajar mengejar prestasi. Alhamdulillah sejak SD hingga Smk Saya termasuk  dalam 3 besar dikelas.  Dan waktu smk Saya aktif diorganisasi Rohis Dan Osis... sempat menjabat sebagai ketua osis juga pada Saat utu 1 periode. Ayah Saya meninggalkan saya kami 20 Hari sebelum UN. Namun Saya tidak boleh patah semangat demi keluarga.....
Awalnya  Saya tidak ingin kuliah mengingat Saya adalah tulang punggung keluarga harus membiayai adik- adik yang masih sekolah. Namun karena sesuatu Hal   Saya bertekad untuk kuliah  dan Saya mendaftar di salah satu politeknik negeri batam alhamdulillah Saya mengikuti PMDK berprestasi jadi masuk kuliah cuma bayar 50.000 saja (uang koperasi) Saya bersyukur banget ya walaupun cuma 1 semester. aktivitas ketika Saya masuk kuliah malam, pukul 19.00- 22.30 sampai rumah pukul 23.00. aktivitas 05.30 - 06.30 jualan di sekitar rumah Dan 08.00-19.00 kerja yang pagi sampai sore Harus kerja di sebuah perusahaan sambil membawa kue untuk dikantor juga.
     Semster 3 kuliah Saya menikah...kosong 3 bulan Dan mabok yaitu habis solat subuh  maunya baring aja.... gak mau ngapa- ngapain. Akhirnya resign Namun malam tetap kuliah. Awalnya Saya bosan karena terbiasa dengan aktivitas padat. Saya bingung mau ngapain ya.....dari pagi habis solat subuh sampai pukul 09.00wib kerjaan rumah udh selesai. Ide muncul ting ting ting.... Jualan dikampus hehehe dengan sistem open Po itulah aktivitas selama hamil terkadang suami marah gak bolek kecapekan.
     Setelah lahiran Saya harus lanjut semester karena udah cuti satu semester. Karena salah satu Mata kuliah semester 5 harus magang. Kebetulan Ada lowongan jadi Saya melamar diperusahaan yang dekat dengan rumah sehingga Saya bisa pulang memberi asi kepada anak yang Saat itu baru berusia 2 bulan. Ketika Saya bekerja fiza Saya titipkan ke budenya hingga 1 tahun. Terasa sedih karena terkadang anak Saya menangis ketika budenya pergi, namun ketika Saya pergi ia tidak menangis.
    Pulang kerja sebentar Dan harus lanjut kuliah malam. 3 bulan kuliah Ada materi kewirausahaan yaitu buat satu produk yang harus saya jual.saya memutuskan untuk membuat nugget tempe Dan menjual nya di alun- alun batam centre. Serta open PO untuk temen dikampus Dan yang diperusahaan.saya nerterima kasih kepada Sumi tercinta Dan keluarga yang setia memberi support. Hingga akhirnya TA selesai juga Dan bulan kemaren udah wisuda dengan predikat dengan pujian, alhamdulillah ....
     Namun Hal yang paling Saya inginkan adalah menjadi Ibu seutuhnya. Bisa mendidik anak dengan penuh kasih sayang alias full time mom. Doakan ya semoga Saya bisa segera menjadi Ibu professional seutuhnya.

Fiza yang ikut demo puding regal dan nugget tempe

Hari minggu mau nulis tapi pulang ketiduran dan hari ini saya akan menulisnya.

jadwal hari minggu padat banget ,,,, dari pukul 10.00-16.00 kerumah budenya yang ditiban

ketika akan berangkat neneknya memanggil fiza.

N: fiza tinggal aja ya sama nenek?"
F: ndaaa.....(tidak maksudnya).. calim?" iya minta salim sama neneknya. 
kami pun berangkat dengan mengendarai sebuah motor. Sampai di rumah budenya langsung turun dan berkata kepada budenya
F: "de,,, jajan.. !" ( bude  dengan suara yang cadel sedikit)
B: "fiza mau jajan apa?"
F:  "ice (dengan logat inggris)
U: "no no no jawab uminya, adek kan pilek jadi jajan yang lain aja ya?" susu mau?"
F: "iya .... (mengangguk)
karena uminya sibuk di dapur bermainlah fiza dengan kakak-kakak yang umurnya diatas fiza. beberpa jam kemudian karena sudah lelah iya pun  mneghampiri saya.
F : "umiii ,mimik,,,,?"
U: "ya dek bentar lagi ya?
F : "umi....(iya pun langsung menangis karena sudah mengantuk)
U: "ayok adek ke kamar duluan
F: "(langusng berlari menuju kamar) saya pun menghampirinya. dan memberikan mimik 

waktu telah menunjukkan pukul 12 waktunya makan siang

F: "mamam mi,,,,, (iya mengambil piring sendiri)
U: "iya ayo  mamam, (saya pun mengambilkan nasi nya dan iya makan sendiri)
F: "nom mi?" (minta minum maksudnya)
U:" ini dek....
F: "aci,,,, (makasih)

Setelah selesai makan saatnya demo untuk buat Puding regal dan nugget tempe

yang saya buat pertama adalah puding regal setelah itu melanjutkan ke nugget tempe, setelah selesai semuanya kami pun pulang dan langsung menuju Asrama Haji. menghadiri pernikahan kakak kelas waktu SMP  Satria Anugerah Prasetyo & Nanda.  Sesampai di Gedung Hafizah mulai berlari mencari teman. Fiza anak yang tidak takut sama orang dan gampang bergaul heheeheeh
ia pun mengambil Hp saya kemudian duduk deket bunga
U: "adek mau ngapain?"
F: " atu, ua ,iga  (sambil berhitung) ternyata minta diphoto walah dek dek dan ia berlari menuju tangga pelaminan mau salim haddeh uminya belum selesai maka padahal...
U:" adek mau ke mana?
F : "alimmmm " 
U: " ohhh sebentar lagi ya sayang
beberaa menit kemudian saya pun pulang dan sesampai dirumah fiza berkata
F: " umi,,, apek!" (walah anak seumur ini bisa bilang capek?) gimana gedenya nanti
U:" ayo mimik biar bobok
Memang anak seusia dia ada aja tingkahna yang bikin uminya tertawa.semoga besok bisa menjalankan kominikasi produktif dengan baik lagi




#hari4
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP



Saturday, November 4, 2017

Jalan jalan sore

Sabtu ceria bersama fiza sore ini. Kami jalan jalan sekalian belanja buat besok uminya mau demo masak di tiban.
Tibalah ke sebuah supermarket Dan fiza melihat Ada yang jual balon
" Umii Lon Lon!!!
"Adek Kan dirumah udah Ada balon? Saya pun mengalihkan ke arah lain.
" Adek Jajan ini aja ya?
" Iya....
Sambil uminya memilih barang yang dicari,,, hafizah menuju satu lorong yang Ada sandal cantik....
" Umi cini,cini... Antik? ( Dia memilih sandal yang Ada gambar princesnya, Dan membuka sepatunya meminta dipasang an sepatu baru)
" Coba dulu ya dek....? Dan ternyata kegedean ." Adek kebesaran ini berarti ndak bisa beli ya. Fiza pun berlari mencari mainan.
" Adek mainan adek Kan udah banyak dirumah.....,besok lagi ya belinya?... Saya pun menggendongnya untung fiza tidak menangis seperti biasanya
Tibalah kami ke kasir untuk membayar Dan meletakkan keranjang di Atas meja. Setelah selesai packing Ada seorang bapak yang mengambil keranjang kami yang udah kosong. Hafizah langsung respon
" Umii itu....!!!
" Itu punya anti disini dek .... Bukan punya Kita ya?....
" Ooooohhh, jawab fiza
   Kemudian menuju rumah budenya yang berada disekitar legenda juga....dirumah budenya iya merasa Haus.
" Umi mimik?
" Ayo Kita ambil Minum didapur?
"Iya ( berlari menuju dapur) Fiza  pun Minum sampai habis
" Abiissss ,( suara bersorak)
Terdengar Azan berkumandang.... Lalu fiza ngomong seperti ini....
" Umi Alloh.... ( Menyuruh uminya buat solat) terkadang kalau dirumah iSaya pakaikan rok dan jilbab buat ikut solat Dibelakang Saya.
" Iya dek....
Waktu telah menunjukkan pukul 19.00 kami pun pulang
" Fiza salim bude....
" Iya ( sambil mencium tangan budenya), " da da ....
Pulang nya singgah membeli Pampers Dan Ada odong-odong,,,
" Mi... Itu.... ( Sambil menunjuk odong-odong)
" Ya udh adek sama abi ya disini?"
Saya pun masuk kedalam,,,,Dan pulang kerumah. Sesampai dirumah iya langsung minta mimik karena sudah mengantuk.... Tidur deh fizanya.....
Gak ingat mau ambil photo dirumah bude Dan pas main odong-odong
Ingat nya pas fiza udah tidur
Alhamdulillah ya nak Hari ini kita bisa jalan ama abi ama umi....
Tetap semangat menjalani tantangan komunikasi produktif
Sampai jumpa ya dengan cerita besok.....

#hari3
#gamelevel1 
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

Friday, November 3, 2017

Sebuah buku bersama Hafizah




Suasana pagi yang Dingin karena hujan habis menghampiri,,, dan Pagi ini hujan juga dikamar karena hafizah bangun dengan  menangis......

" Adek.... Kenapa menangis ? Kan Umi Ada disini.....
" Mimi.....mi..... ? Jawab fiza
" iya dek,,,  Ups adek pampers nya penuh.... Buka dulu ya dikamar mandi ?"
" Nda....!" (Tidak maksudnya) jawab fiza
" Ups adek Kan Pinter ayoo buka pampersnya,ya?"
Dengan terpaksa emanknya buka walaupun fiza menolak untuk dilepas...
Kalau pagi tidak Saya pakaikan Pampers untuk training toilet
" Adek kalau mau pipis bilang ya....?"
" Iya.... ( Mengangguk) cepat menjawab iyanya.....
Beberapa menit setelah diganti baju Dan celana jreng jreng jreng...

"kak,,,,,, hafizah pipis.....!" (teriak), panggil adik saya
" kok adek ndak bilang pipis?" kan umi bilang tadi kalau mau pipis ke kamar mandi?"

" hehehe umiiii," (sambil senyum biar gak dimarahi uminya) soalnya si gadis ini pinter merayu biar emaknya ndak marah kadang langsung peluk sama cium uminya,,, kan emanknya jadi ndak bisa marah,,,,,,setelah mandi iya memanggil saya

" umi...cini...cini...! (semangat suaranya)

" ada apa dek?' jawab saya
" mimi mi,,,,,?" (dengan nada meles,,, siapa yang bisa nolak kalau udh minta kayak gitu?)
" ayoo mimi,,, tapi bntr aja ya....?"

" iya mi,,,,,, (setelah beberapa menit iya minta makan)
"umi mamam?" iya,, ada roti buatan nenenk nih ,,,,

" ini dek makan rotinya ya....duduk nak..."

" mimi mi,,, (minum maksudnya)...

" adek ambil sendiri ya...!" (ia pun berlalri membawa gelas dan menuju dispenser menekan dan membawanya ketempat duduk tadi
" makasih dek,,,, pinter anak umi.... iya pun tersenyum....

komunikasi produktif sudah mulai sukses ,,,semoga besok training toiletnya berhasil


#hari2
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP





Thursday, November 2, 2017

Hafizah dengan Pensil dan kertasnya






Hafizah usia 1y8m adalah anak yang aktif .... karena terlalu aktif ibunya terkadang sampai emosi,,,,
namun disini kita akan mengaplikasikan komunikasi produktif,,,.

Pagi ini hafizah bangun pukul 06.00 wib kemudian meminta susu karena hafiah masih ASI 

" umi mimi?' (ngomong sambil mulutnya manyun kedepan)

" Kan adek baru aja mimi," masak mau mimi lagi?" 

" Abi mimi"? (lari ke abinya mengadu kalau umi tidak mau kasih mimi)

" ok tapi habis itu umi mau buat kue ya dek?"

" iya, ia mengangguk

Setelah beberapa menit,,,,

" adek ayo ke dapur buat kue?" saya mengajak ia kedapur hafizah pun bangun dan mengikut saya ke dapur untuk membuat pastel untuk dijual uminya dikantor hehehe. dan iya ingin ikut mengadon,,,, ups adek pakai yang ini aja ya ,,,?" saya memberi dia adonan sedikit untuk ia bermain. setelah 30 menit selesailah mencetak pastel dan iya pun ingin menggiling adonannya di ampia,,,,
"  abiss.....?" iya berkata karena melihat baskomnya udh kosong

" horeeee, udh selesai ya dek?" umi goreng dulu ya adek sama abi main diluar. fiza pun berlari keluar sambil berkata  da..da.. mi

saya pun melanjutkan pekerjaan saya,,,, setelah selesai saya mengajak untuk mandi,,,, 

" adek ayo mandi ?".... burr burr burr main air

" nda,,,,, (tidak maksud fiza,,,menolak)

"mandi sama umi atau abi, ayooo?" saya pun meninggalkan nya ke kamar mandi

" umiiii..... (sambil gedor2 pintu kamar mandi) akhirnya berhasil mengajaknya mandi

setelah mandi ia berlari ke lemari bajunya

" umi ini.....! sambil membuka lemari baju tapi tangannya tidak sampai

" adek mau pakai baju yang mana?" dia mengangkat tangan dan meminta gendong untuk memilih baju yang ingin di pakai

" ini....! antik ,,, sambil senyum2 (cantik maksudnya)

setelah memakai baju iya menunjuk ke kaca,,,,,

" umi ,,,,ntak,,,,, ?( sambil menunjuk hand body saya dengan muka meles)
" adek mau apa?" ini?" sambil saya ambil hand body?"

iyah,,,,, walah dek dek ini buat umi bukan buat adek,,,," dan akhirnya saya kasih sedikit saja di kakinya..... setelah dia pakai lari ke abinya.....

"abi.... alummmm,," (harum maksudnya) sambil menempelkan tangannya ke hidung abinya. heheh masih kecil udh tahu yang mana harum......walah dek dek....

malam hari Antinya fiza mengajar  les dirumah jadi fiza seneng melihat anak murid antinya memegang pena dan kertas ,,,, dari sinilah iya senang sekali menulis coret2

kemudian ia mengambil pena yang biasa dia mainkan serta kertas2 buat ia menulis,,,,,

"umi lis....lis....?" (umi tulis tulis)

" iya dek...." assik dia mencoret2 kertas,,,, uminya pun bersiap-siap untuk berangkat kerja,,,,

"adek salim.... umi mau pergi kerja ya?"... sambil mencuim keningnya

" iya ,,, da ,,, da ,,, mi....( melambaikan tangan di depan pintu)

sekian cerita pagi ini bersama fiza.....

semangat ya dek belajar terus,,,,, 

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

Popular Posts

Recent Posts

Nama saya Nurbaini, aktif di Blogger 2017. Ibu rumah tangga dan ranah publik. " Cita-cita tertinggi meninggal syahid di jalan Allah"

Follow Us @nurbaini29

Followers

Postingan Populer

Postingan Populer