Wednesday, May 23, 2018

DrumBand Toples Nenek

Day 6

Selasa, 22 Mei 2018






Alhamdulillah hari ini telah masuk hari ke 6 untuk  game level ke 7. Hari ini pukul 04.00 wib Fiza udah kebangun. Kemudian minta di bawa ke masjid karena melihat Oomnya ke masjid. Akhirnya saya mengajak Abinya dan Fiza untuk solat subuh berjamaah di masjid. Fiza terkihat senang berada di dalam masjid dan alhamdulillah selama orang solat tidak berlarian seperti biasanya.


setelah pulang dari masjid toples neneknya di ambil kemudain mengambil sendok dan memukulnya seperti orang main Drumband, sambil bernyanyi 

" celamat, celamat, celamat, itu saja yang dialunkan selama main toples menjadi gendangnya.

" lagu apa itu dek?" tanya saya...

" itu,,,mi upin,,,,

" oh, upin,,," 

memang ada lagu yang dibawakan upin sambil bermain rebana yaitu "selamat, "selamat "selamat pengantin baru,"

Berarti daya ingat Fiza lumayan kuat selain itu juga dia bernyayi " Baby cek du du du,,,,"


senang dengan yang bisa melihat Fiza bermain dengan wajah yang begitu ceria

#semuaanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#institutibuprofessional

Tuesday, May 22, 2018

Membaca Al-Qur'an Sendiri

Day 5

Senin, 21 Mei 2018

Dalam Bulan Ramadhan ini Fiza melihat uminya setelah solat magrib membaca Al-qur'an. nah malam ini setelah magrib umi tidak membaca karena mau rapel setelah isya saja maksud hati.
Tiba-tiba kami yang berada di ruang tamu mendengar ada suara dari kamar Fiza sedang memegang Al-qur'an uminya serta membacanya apa yang teringat saat uminya membaca Al-Qur'an. namun Belum begitu Fasih Fiza membacanya.

Fiza mengaji




Diam-diam saya dan Abinya masuk ke kamar Fiza tersipu malu. kemudian saya hanya mendengarkan Fiza mengaji ala gayanya sendiri. sampai akhirnya iya menutup Al-Qur'an  kemudian bilang umi udah amiin.
semoga sampai besar ya dek cinta dengan Al-Qur'an

#semuaanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#institutibuprofessional

Monday, May 21, 2018

Sabar Kucing.....

Day 4

Ahad, 20 Mei 2018


Hari ini memasuki hari ke-4 tantangan game level 7. Hari ini Fiza bermain dengan kucing, kemana Fiza berlari kucing mengikutinya. Sambil bermain bola iya terlihat senang sampai tertawa berkali-kali. setelah beberapa menit bermain Fiza merasa lelah

" Umiii, capek....!" sambil terlihat melas wajahnya

" adek capek?" ini minum air putih dulu ya saya pun memberinya

" makascih, mi....!" mamam mi, lapal

" oke , umi ambilkan nasi ya?" Tumben minta makan sendiri biasa di kasih makan paling yang dimakan lauknya doang... ini hampir habis.

pada saat Fiza makan kucing datang untuk mengajak main Fiza, namun Fiza berkata

" Sabal using,,,,, adek mamam ya?", ya?" ( sabar kucing adek makan dulu) umi tepok jidat kucing di ajak ngobrol sama hafizah.

" setelah selesai makan Fiza lanjut bermain bola dengan kucing yang ada di rumah. Hingga iya berhenti sendiri dan lanjut bobok siang.... berimajinasi bahwa kucing ngerti dengan apa yang disampaikan oleh fiza,,,,,,

itulah anak kadang-kadang terlihat lucu, kadang kadang bisa buat darah mak nya naik mau lepas,,,,,


#tantangan 10 Hari game level 7
#semuaanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#institutibuprofessional

Belajar memakai celana sendiri


Fiza belajar mandiri

Day 3

Sabtu, 19 May 2018

Alhamdulillah telah masuh hari ke tiga dalam tantangan mengobservasi keunikan yang dimiliki oleh buah hati kita. Hari ini Fiza saya yang memandikan biasanya minta sama Abinya kalau masalah mandi. Kemudian selesai mandi biasanya memilih baju sendiri kemudian mengambil pampers pada saat saya ingin memakaikan, adek sini pakai baju,,,,,

" Tundu, mi adek,,," (tunggu mi biar fiza saja maksudnya) Saya biarkan ia memakai sendiri namun pada saat saya ingin membantu ia langsung menangis dan guling guling di kasur.

" adek bica,,,mi! ( Fiza merasa ia bisa dan tidak ingin di bantu)

" oh ya udah kalau adek bisa, coba umi lihat?", Fiza pun mulai memasukkan kakinya yang kanan kemudian kiri. (saya hanya melihat saja). setelah selesai

" Horeeee adek pinter,,, (tepuk tangan dari umi dan Fiza pun ikut tepuk tangan) terlihat senyum yang melebar di wajahnya.

" Ayo pakai bajunya dek...! Iya pun mencoba memasukkan kepalanya ke lobang baju yang akan ia pakai, namun tidak pas akhirnya uminya yang membantu memakaikan baju.

Fiza terlihat senang karena telah bisa memakai celana sendiri. Semoga besok bisa memakai baju sendiri ya dek......

#semuaanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#institutibuprofessional

Sunday, May 20, 2018

Mengajak Solat


Day 2
Jum'at, 18 May 2018
Alhamdulillaah Hari ke dua menjalankan tantangan ke 7. Malam ini Hafizah bertanya
" Umi.... Abi Mana?"
" Abi solat tarawih dek...."
" Mejid?" (Masjid)
" Iya ke masjid."
" Oooh...."
"Ayo solat sama umi dek !"
" Ayyyoooo," ( semangat sekali, langsung berlari untuk wudhu)
Setelah wudhu Fiza langsung membuka lemari Dan mengambil rok Serta jilbab untuk solat.
" Ayo solat di samping Umi ya?"
" Iya....
Uminya baru bersiap siap, eh alhasil baru satu rakaat Fiza udh selesai. Karena Fiza sudah mengantuk ia pun mengambil bantal kemudian berbaring  disamping saya. Saya bilang tunggu ya Umi solat dulu nanti Baru umi pok pok pok ya.... sambil mendengarkan Saya tadarus. Akhirnya ia terlelap tidur, biasanya harus mimik sejam baru pules karena udah di sapih jadi boboknya tidak sambil mimik lagi. Alhamdulillaah uminya sukses hehehe

#semuaanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional

Rencana kegiatan Ramadhan


Alhamdulillaah dapat tema arisan dari mba syafri mengenai agenda ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang di dalamnya malam lebih baik dari seribu bulan. Ibadah yang Kita jalankan akan dilipatgandakan 10 kali lipat. Bulan ini khusus untuk orang-orang yang beriman untuk menjalankan panggilan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Bukan saja menahan  lapar dan haus namun menjaga amarah.
Baca juga : Menjadikan Ananda cinta ramadhan
Adapun agenda  selama ramadhan yaitu sebagai berikut:
1. Salat Tahajud
Salat Tahajud menunggu waktu sahur karena Allah akan mengabulkan DOA hambanya yang berdoa di sepertiga malam.
2. Sahur bersama
Sahur bersama yaitu pukul 03.30 wib
3. Tadarus Al-qur'an
Target setiap orang yang berada dirumah yaitu mengkhatamkan Al-Qur'an dalam sebulan ramadhan ini. Masing masing kami
4. Berbagi takjil untuk berbuka
Berbagi takjil untuk berbuka kepada tetangga sekitar.
5. Salat tarawih di masjid
6. Infaq harian

Semoga amalan ini bukan saja untuk berlaku di bulan ramadhan saja namun untuk 11 bulan kedepan dan semoga sampai bertemu ramadhan tahun depan. Semoga yang membaca tulisan ini dipanjangkan umurnya Serta bisa memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini. Serta dipertemukan ramadhan hingga tahun depan amiin amiin ya rabbal alamin.

Friday, May 18, 2018

Memilih Baju dan Jilbab Sendiri

Day 1

Batam, 17 Mei 2018

Dalam tantangan game level 7 ini yaitu Semua Anak Adalah Bintang. Semua anak dilahirkan dengan keunikan masing-masing. Namun tidak jarang seorang ibu sering mendapat perbandingan dari orang lain misalnya "anak nya umur berapa?", "kok belum ngomong ya?" kok kecil ya?"," berapa beratnya?", "normal tidak itu?" ibu yang di tanya seperti ini akan sulit menjawab namun saya dengan tegas menjawab setiap anak memiliki perkembangan dan kelebihan masing-masing. Jadi ada saatnya dimana ia bisa berbicara dengan lancar tumbuh sesuai usianya. Selagi pertumbuhannya sesuai grafik normal saya tidak permasalahkan. Bagi saya ketika saya memberi informasi ke anak dan anaknya ngerti, kemudian pada saat saya perintah si anak melakukannya. Sudah cukup bagi saya. Keinginan setiap ibu terhadap pertumbuhan dan kecerdasan anak memang berbeda. Terkadang tidak sesuai apa yang diinginkan, namun percayalah tidak ada yang sia-sia apa yang telah Allah ciptakan.

Dalam Hal ini saya akan menyampaikan apa keunikan Hafizah yang berusia 2 tahun 3 bulan kurang 1 hari heehhehe.  Hafizah menurut saya memiliki banyak keunikan salah satunya yaitu memilih baju sendiri setelah mandi. tidak pernah mau kalau uminya pilihkan ini berjalan sejak usianya 1 tahun.

umi: "adek pakai baju ini ya?" 
fiza: " ndak mi,,,, endon mi?" (mau memilih baju di lemari sendiri)
umi: " ini aja ya, kan cantik?" 
fiza: " ndak jeyek.... (tidak jelek katanya)
umi: " jadi adek mau pakai yang mana?"
fiza: " ini mi,,, tantiik!!! semangat memilih baju yang bagus

karena saya pisahkan baju untuk jalan dan sehari-hari dan akhirnya yang diambil adalah baju buat jalan-jalan. Baru 2 tahun udah bisa memilih mana yang cantik mana yang tidak. Begitupun kalau mau pergi-pergi jilbab Fiza yang memilih sendiri. Pengalaman tahun lalu pada saat ke Matahari Mall uminya memilihkan sepatu namun Fiza tidak mau pilihan uminya akhirnya uminya memilih sepatu yang Fiza pilih.

Karakter Abinya turun ke anaknya memilih apa yang dia mau. Makanya uminya kalau belanja untuk Abinya selalu ajak Abinya karena kalau tidak saya akan sakit hati sendiri hehehehhe. Bener kata orang, Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya



#Semuaanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional

Thursday, May 10, 2018

Review blog si ibuk menyapih tanpa membohongi

Assalamualaikum wr wb.
Setelah hampir sebulan tidak menulis kali ini dapat tantangan untuk mereview ibuk Khalid. Sebelumnya saya perkenalkan dulu ya nama ibuk Khalid Desy Oktafia ibu dari pangeran Khalid Dan sebentar lagi akan launching debay nya Khalid. Saya mengenal kak Des sudah lama namun bisa saling Sapa setahun terakhir ini. Beliau sangat ramah sekali senang membaca blog si ibuk satu ini. Beliau mengatakan bahwa salah jurusan namun sekarang telah menemukan Jurusan yang sesuai passion. Banyak tulisan beliau yang sangat menginspirasi salah satunya adalah ketika Saya membaca tentang kembali ke titik terendah dalam tulisan beliau, mudah di cerna dan senang memasak juga beliau. Beruntung deh suami mb Des pokoknya.....mas Taufik ya namanya hehehe
Baiklah Saya akan mereview tulisan si ibuk tentang bagaimana menyapih anak tanpa membohongi. Sudah Saya praktek Kan namun tidak bisa mbak.... Malah Saya di complain dengan ibu Saya karena ASI nya masih Ada namun Saya tidak memberikan lagi kepada fiza. Saya tidak memberikan ASI karena usianya telah mencapai 2 tahun 18 Februari 2018 yang lalu. Saya galau karena Fiza tidak ingin Minum susu selain ASI dari Saya, ia lebih memilih air putih. Awalnya Saya tega membiarkan Fiza menangis namun hanya 3 Hari saja selebihnya Saya berikan lagi ASi.
Benar apa yang di sampaikan mb Des, lingkungan harus mendukung Dan konsisten Serta tega terhadap anak baru bisa melepas ASI. Saat ini Saya hanya bisa berdoa semoga anaknya diberikan oleh Allah SWt agar berhenti ASI Serta keluarga yang akan mendukung Saya. Yuk teman kunjungi tips selengkapnya disini ya menyapih tanpa membohongi
Sekian review dari Saya jangan lupa mampir ya guys
Kunjungi blog Si Ibuk www.desyoktafia.com
Lihat koleksi foto Si Ibuk di Instagram @desyoktafia 
Tonton aneka resep masakan Si Ibuk di Youtube Channel Desy Oktafia 

Friday, April 13, 2018

Membandingkan Mobil yang Besar dan Kecil

Sabtu, 31 Maret 2018

Hari ini Fiza jalan-jalan,,,,,

pada saat di mobil uminya bertanya.....

" adek itu mobilnya besar atau kecil?

" mana?" tanya Fiza

" itu yang di depan tunjuk uminya

" ecil mi, jawab fiza

" kalau yang itu?"

" mana ?"

" itu itu tunjuk umi.

" becal....


Sekian belajar hari ini sangat menyenangkan 

#Hari ke 3
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathArounUs

Tuesday, April 10, 2018

Adat Orang Selayar pada saat Hantaran Belanja

Indonesia memiliki beragam Budaya dan Adat Istiadat. Ada istilah dimana bumi di pijak di situ langit di junjung. Dalam hal ini saya akan memaparkan Adat Sulawesi Selatan pada hantaran belanja sebelum pernikahan. Pada saat pengantaran cincin  orang Sulawesi menyebutnya dengan " Jarumang" atau yang sering kita kenal dengan tunangan.

Pihak Lelaki membawa cincin untuk di berikan kepada pihak perempuan sebagai tanda bahwasanya telah diikat oleh pihak lelaki. Jika terjadi sesuatu hal yang membuat gagalnya tunangan tersebut sebelum ke jenjang pernikahan maka terdapat sanksi yaitu:

1. Jika pihak lelaki yang membuat perkara sehingga batalnya pernikahan maka cincin yang telah di beri kepada pihak perempuan akan hangus, Tidak dikembalikan oleh pihak perempuan kepada pihak laki-laki

2. Jika pihak perempuan yang membuat perkara maka pihak perempuan harus mengganti cincin yang tadi Double  dan dikembalikan ke pihak laki-laki.

Jika sampai ke jenjang pernikahan sebelumnya ada hantaran pihak lelaki menyedikan sesajian yang diisi sebagai berikut:

1. Pisang dan Beras Ketan sebagai kepala Saji

Pisang 1 talam

Beras Keran 1 talam
2. Kue wajid, sitto-sitto, kelaker, bolu, cucur te'ne  dan lempar sebagai ekor dari sesajian
kue 

kue

wajid
3. Inti dari Saji ini ialah uang hantaran 

Sesajian di bawah ini akan dijunjung oleh ibu-ibu untuk diantar ke pihak perempuan. ada sekitar 10 saji yang di bawa pada saat menghantar uang belanja kepada pihak perempuan. ukuran dari kuenya pun besar-besar.  Kemudian pada saat pulang saji dibalikkan ke pihak laki-laki kembali. Namun isinya tidak kosong melainkan dikembalikan 1 piring setiap sajinya kepada pihak laki-laki. Kemudian kue yang dikembalikan tadi akan diberikan kepada ibu-ibu yang menjunjung tadi pada saat menjunjung ke rumah pihak perempuan. Unik ya adatnya orang Selayar.


Namun Adat ini tidak wwajib dilakukan kepada wanita Selayar tergantung kesepakatan kedua pelah pihak. jangan sampai karena mengikuti adat 2 orang yang saling mencintai tidak jadi menikah heheheh hanya karena mengikuti adat yang . Karena saya dulu pada saat menikah tidak meminta yang seperti ini kepada suami.

Nah setelah menikah ada lagi ritual yang namanya " mange' Matoang" atau kalau dalam istilah melayu kunjungan ke rumah mertua. hampir mirip dengan bawaan yang di bawa pada saat hantaran uang namun jumlahnya lebih sedikit dan yang dikunjungi orang tua dari pihak lelaki, orang yang dituakan di pihak lelaki dan kerabat dari pihak lelaki. Nah pada saat pengantin kunjugan pihak yang didatangi akan memberikan kado kecil ke pihak pengantin.

itu deh adat orang Sulawesi Selatan,,,,,,










Tuesday, April 3, 2018

Timbang Tepung

Day 1, Kamis 29 Maret 2018

Alhamdulillah udah mau 1 semester ikut kelas BunSay. Kali ini gamesnya lebih menantang. Matematika bukan hanya menghitung kali, bagi tambah, dan kurang melainkan banyak sekali yang berada di sekitar kita. Nah kali ini fiza belajar matematika disekita dengan bermain tepung dan menimbangnya kemudian di masukkan ke wadah yang lain.

fiza menakar tepung


Fiza paling senang jika bertemu dengan tepung uminya. Diam- diam dia pun mulai mengambil sendok dan memasukkan tepung ke wadah. setelah habis penuh dimasukan kembali ke baskom. Uminya pun bertanya

" Adek mau buat apa nimbang tepung?"

" uwe, mi." kue maksud fiza

" adek jual berapa 1 nanti?

" empat ... jawabnya

" Empat ribu? tanya saya

" ndaaaa....

itu aja hari ini belajar denagan menimbang tepung 

semoga besok lebih menantang belajarnya

# Tantangan 10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathArounUs

Friday, March 23, 2018

Menjadi Suka bermain dengan Buku

Jum'at 23 Maret 2018




Dengan adanya game ini saya merasa Hafizah jadi lebih sering berinteraksi dengan buku. Dan setiap melihat bukunya berceceran di kasur setelah selesai pasti langsung di rapikan di rak buku. Jadi malu terkadang dengannya lebih disiplin setelah membaca langsung menaruh pada tempatnya.


Dan merasa senang aja dengan Pohon Literasi yang di buat,,,,,bisa menjadi inspirasi untuk targer yang lainnya. Terimakasih kepada Koordinator dan perangkat kelas serta teman2 yang hebat


salam cinta buat bunda-bunda hebat

Friday, March 16, 2018

Cerita Fabel anak Islami

Day 10,

Sabtu, 10 Maret 2018


Alhamdulillah sudah masuk hari ke 10

Hari ini adalah hari spesial karena Abinya Fiza Milad hehehe


Jadi boleh dong minta abinya yang membacakan fiza cerita anak islami tentang Fabel Ikan


Fiza pun senang bersama abinya

alhamdulillah abinya ikut serta dalam Game kali ini


Pohon Literasi Fiza ke-10


#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Cerita Nabi Nuh

Day 9,

Jum'at , 9 Maret 2018


Alhamdulillah sudah masuk hari ke9


Malam Ini uminya mendongengkan Cerita Nabi Nuh a.s


Cerita yang cukup singkat karena untuk seumuran Fiza

Namun karena uminya sangat lelah tidak selesai deh membacakan dongeng buat hafizah




#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Cerita Nabi Idris a.s

Day 8,

kamis, 8 Maret 2018


Alhamdulillah sudah masuk hari ke 8

Tantangan yang sangat luar biasa bagi saya untuk bisa mengajak Fiza gemar membaca


Namun Fiza anaknya senang dengan buku


Malam Ini uminya mendongengkan Ceriata Nabi Idris a.s


Cerita yang cukup singkat karena untuk seumuran Fiza

Pohon Literasi Fiza ke-8



#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Mengenal Anggota Tubuh 2

Day 6,

Selasa, 6 Maret 2018

Alhamdulillah Hari ini Fiza membaca buku untuk mengenal anggota tubuh


"Jadi saya Mulai menanyakan adek ini apa?"

" iya menjawab peyut,,,,,,

" Kemudian menunjukkan Rambut, ini apa?"

" Lambut, mi" pinter,,,,,,,




Pohon literasi Fiza ke-6

Semoga adek pinter terus ya nak,,,,,,,

sebentar tapi rutin ya kita belajar dek
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Mengenal Anggota Tubuh 1

Day 5

Senin, 5 Maret 2018


Hari ini Fiza Mneganal Anggota tubuh yaitu mata dan tangan


iya mulai bisa mengenal apa yang di lihat nya


walaupun cuma 2 item setidak nya itu udah berarti untuk saya.





Pohon Literasi Fiza Ke-5




#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Cerita Nabi Adam

Day 7,

Rabu, 7 Maret 2018

Hari ini Fiza membaca buku tentang 25 nabi dan rasul. Nabi Adam a.s

sambil membaca sambil megang handphone dan sambil komat kamit

uminya hanya tersenyum saja melihat anak gadis udah senang dengan buku. Sebelum Tidur Uminya mendongengkan Fiza, Namun 10 Menit saja




Pohon LIterasi Fiza ke-7

Setelah kami membaca Fiza selalu mengembalikan ke tempat semula. belajar terus ya nak,,,,



#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Sapi Bani Israil

Day 4

Minggu, 4 Maret 2018


Malam ini Hafizah Saya bacakan buku tentang Sapi Bani Israil, dan iya pun hanya serius mendengar. tidak lama kemudian ia bangkit dan semangat untuk membuka lemaran demi lembaran. ini apa mi?"   Sapi,,,, kemudia ia mengikuti Capiiiiii hehehe sambil ketawa




Pohon Literasi hari ke-4


Setelah membaca ia membereskan buku dan meletakkan ke tempat buku kembali. Jika ingin membacanya Fiza mengambil kembali dan begitu seterusnya.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Aisyah yang cerdas

Day 2

Jum'at, 2 Maret 2018


Hari ini Fiza membuka buku Aisyah yang cerdas. kalau dibilang bisa baca fiza belum bisa membaca namun hanya berkomat kamit saja ketika melihat buku menirukan seperti orang membaca. kemudian membolak balikkan bukunya dan melihat gambar.

" Umi ini apa?

" ini Aisyah dek,,,,,,,


" ooooooo jawab fiza ,seperti orang tua menjawab san gaya mulutnya manyun-manyun

Sebelum tidur saya membacakan bukunya agar ia terbiasa mendengar dan melatih agar Fiza menjadi gemar membaca











Pohon Literasi Fiza hari ke-2


Semoga besok lebih banyak lagi daun yang kita tempel ya nak


#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Burung Gagak Qabil dan Habil

Day 3

Sabtu, 3 Maret 2018

Alhamdulillah sudah masuk hari ke tiga tantangan  di kelas Bunsay. Hari ini Pohon Literasi Bertambah 1 Daun lagi. Kali ini Buku tentang Burung Gagak Qabil dan Habil menceritakan perjalanan kakak adik yang bersaing dalam memberikan sedekah terbaik untuk Allah.


Buku ini saya bacakan kepada hafiah sebelum ia tidur, sambil mendengar iya mengenal bahwa itu namanya burung. Dan bertanya 

" ini apa mi?"

" Burung nak...." jawab umi








Pohon Litersi Fiza hari ke-3
Pohon hari ini bertambah 1 daun lagi oyye,,,,, senangnya ,,, ups masih panjang ari kita dek ya....

sampai jumpa dengan cerita besok lagi ya


#GameLevel5

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst


Belajar Membaca

Day 1,

Kamis, 1 Maret 2018

Tidak Terasa game level 5 udah  mulai minggu ini. TantanganMalam ini Fiza meminta buku saya kemudian di bolak balik.

"Adek mau ngapain ?" tanya umi

"cini mi,,,, sambil komat kamit membolak balikan buku.

Malu-Malu
Kemudian ia membaca bukunya sambil menyebut "a,b,c,d,.....kemudian lanjut berhitung atu,uwa,iga, opat,enam...

"umiya nyambung,,, lima nya mana dek?" 

" lupa,,,,, hehehe jawab Fiza

Tanpa fiza sadari uminya memvideokan pada saat ia sedang komat kamit

ini dia bisa di cek di link bawah ini ya teman-teman


Video hafizah membaca  

ini adalah pohon literasi hafizah






Pohon Literasi Fiza hari ke-1


semoga tambah pinter ya solihah sayang

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Wednesday, February 21, 2018

Cooking is my Hobby


Assalamualaikum wr.wb

Hobby seseorang pastinya berbeda-beda. Nah Hobby saya adalah memasak. saya bisa memasak dari kelas 4 SD. namun ya begitulah rasanya belum terlalu ok hanya bisa dimakan oleh saya saja hehehe. Namun seiring berjalannya waktu dengan sering membantu ibu memasaka dan mmbuat kue muncullah hobby disana. kalau ingat masa smk dulu semuanya mau dijual karena kebanyakan yang saya tawarkan barang maupun apapun itu 90% ok, bisa di bilang marketingnya ok lah hehehee

Pengalaman mengikuti training soalnya, kalau mau madunya jangan tendang sarangnya hehehehe
Jadi satu deh Hobby memasak tadi dan marketing. kue yang sering saya buat bollen, pizza, roti dan masih banyak lagi tidak bisa disebutkan 1 per satu hehehehe

Jadi kalau dirumah gak ada makanan saya bingung sendiri karena ibu saya pun hobby membuat makanan turun deh ke anaknya




Pizza ala umi fiza



Nugget Tempe

Putu Mayang

Jasuke

Roti Jala

Roti Sobek

Puding Regal

Bollen piscok dan  keju

Roti Bakar dan Pau

kalau ada yang pengen makan boleh hubungi saya biar saya buatkan ya hehehehehe,


cintai hobby mu ,,,,,dan kembangkan hobby mu

ini ceritaku,,,mana ceritamu,,,,,


Monday, February 19, 2018

Aliran rasa game level empat

Alhamdulillah

Game level 4 ini terpenuhi dengan baik. namun saya belum bisa menemukan 100% gaya belajar anak saya. Namun saya udha tahu kemampuannya adalah gaya belajar audio dan visual. Namun diantara yang dua ini pasti ada yang lebih dominan. Nah ini tantangan emaknya selanjutnya tetap harus mengamati gaya belajar anak walaupun game nya emang sudah selesai tapi harus tetap kontinyu dalam praktek dalam kehidupan selanjutnya,,,,,,


Terima kasih IIP telah memberikan pencerahan dalam memahami gaya belajar anak.

#Aliran Rasa
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#Gaya belajaranak
#KuliahBunSayIIP


Wednesday, February 14, 2018

Menuai Hasil dari Apa yang di tanam

Perkenalkan nama saya nurbaini. Anak pertama dari 4 bersaudara yaitu Zulfikar Rusmaniar dan Nurhidayat. Sebulan sebelum kepergian Ayah saya sempat berbincang bagaimana jika saya kuliah di luar, namun jawaban ayah dengan tegas kan di batam banyak tempat kuliah. Ternyata itu pesan yang dalam banget buat saya .Ayah pergi pada  20 hari sebelum saya UN di SMK karena pembuluh darahnya pecah. Rasanya sedih sekali..... saya belum sempat membahagiakan beliau. Namun saya harus kuat karena saya anak pertama yang masih memiliki 3 adek yang harus saya biaya. Ibu saya seorang yang kuat walaupun hanya ibu rumah tangga namun saya bangga memiliki ibu seperti beliau, pekerja keras dan sangat tangguh. 

Alhamdulillah saya lulus dengan nilai yang memuaskan. 1 bulan setelah kelulusan saya sudah bekerja walaupun ijazah smk saya belum keluar. Awalnya saya masih ragu untuk kuliah karena masih harus membiayai adik-adik saya sekolah. ibaratnya saya adalah tulang punggung keluarga. Namun setelah setahun saya bekerja ada teman satu kantor yang mendukung coba-coba saja cari infomasi dulu siapa tahu bisa mengajukan beasiswa. Jujur saya iri dengan teman-teman yang bisa kuliah. Akhirnya saya mulai mencari informasi di web tentang Politeknik Negeri Batam. Ternyata ada program PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dari Poltek. Saya mulai mempersiapkan berkas persyaratan untuk ikut jalur itu. tahapan demi tahapan saya lewati. Sesi terakhir adalah Wawancara. kemudian 2 bulan setelah itu saya melihat pengumuman di web nama saya lulus.... Alhamdulillah.

Padahal uang sepeser pun gak ada nih di tangan. Akhirnya saya bilang ke nenek untuk meminjam uang dulu sekitar 1.750.000,- karena seingat saya kalau ikut PMDK bayarnya cuma setengah. Pergilah saya ke kampus untuk melunasi uang pembayaran kuliah dan alhamdulillah lagi saya ternyata di tanggung full hanya saja membayar 50.000,- uang koperasi pada saat itu. Padahal 1 tahun sebelumnya uang masuk sekitar 6 jutaan. beruntungnya saya karena di tahun asuk saya poltek telah menjadi negeri. Ini kaena kerja keras belajar waktu SMK dengan belajar giat dan mendapat nilai bagus, kemudian segala perlombaan yang saya ikuti juga mendukung untuk meraih beasiswa itu tanpa tes. Sedangkan teman saya banyak yang ingin masuk sana udah tes 3 kali masih gagal juga. Saya merasakan belajar sungguh sungguh akan membuahkan hasil tidak pada saat kita belajar namun 5 sampai 10 tahun setelah itu. Maka dari itu marilah semua kita sama-sama belajar. walaupun sekarang sudah menikah dan memiliki anak tidak menghambat untuk kita tetap belajar.


Semoga cerita ini bisa di ambil ibrohnya 




Memberi makan Ayam

Tantangan Hari Ke-sepuluh Game Level#4


Alhamdulillah hari ini fiza bangun lebih awal karena uminya juga bangun lebih awal. Kemudian fiza ikut sarapan jam 6 pagi dengan pamannya di dpaur menemani saya yang sedang menggiling bollen heheheh ,,,,,, setelah saya memanggang bollen saya ajak fiza ke kamar dan iya pun membangunkan abinya yang sednag tidur.

" Abi angun, ja. (abi bangun kerja maksud fiza) sambil menusuk hidung abinya

tidak lama di kamar Fiza minta keluar ,,,,,,

" Umi, Ayam.... itu....

" oh adek mau ngapain?" tanya saya

" ini,,,, (mengambil jagung buat di kasih makan ke ayam ternyata"

" oh, adek mau kasih makan ayam?"

" iya, mi,,,, dengan semangat iya keluar untuk memberikan makan ayam,,,,

" Fiza jangan deket2 dek, ayamnya lari ntar,,,!"

" oooooh, "jawaban fiza. nak nak udh macam orang besar aja di kasih tahu jawabannya ooooo

abinya hari ini ada job jadi sama nenek deh fiza dirumah.menjelang uminya berangkat gak mau lepas dari uminya...dan akhirnya luluh juga sama neneknya di tinggal kerja hari ini. semangat belajar ya nak,.......



#harike10
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Tuesday, February 13, 2018

Rumput Hijau

Tantangan Hari Ke-sembilan Game Level#4

Alhamdulillah hari ini sudah sampai hari yang ke sembilan dalam mengamati gaya belajar anak. Hari ini hafizah jalan-jalan ke batamindo untuk bermain di alam rumput hijau. fiza mengenal warna hijau dari rumput.

Fiza ini rumput warnanya hijau ya dek, penjelasan dari abinya. 

oooo, jau,,,,,, jawab fiza

adek mau ke mana?

cana mi,,,, ayok


mengajak berlari bersama abinya,,,,,,

kemudian berhenti di taman,,,,,,

Abi,,,, antik unga,,,,,,(abi cantik unganya maksud fiza)

alhamdulillah fiza udah bisa memberikan penilaian cantik terhadap sesuatu benda

karena udah lelah ia bilang ke abinya

"abi ayok pulang, apekkkk bi....( capek maksud fiza) walah nduk nduk belum 2 tahun udah bisa bilang capek,,,,,,

tapi uminya senang dengar nya karena udah bisa menyampaikan apa yang iya rasakan







Sekian ceria fiza hari ini ya teman-teman

sampai jumpa esok hari

#harike9
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Popular Posts

Recent Posts

Nama saya Nurbaini, aktif di Blogger 2017. Ibu rumah tangga dan ranah publik. " Cita-cita tertinggi meninggal syahid di jalan Allah"

Follow Us @nurbaini29

Followers

Postingan Populer

Postingan Populer