Monday, January 8, 2018

Tumbuh Sesuai fitrah





Anak merupakan anugerah yang diberikan kepada setiap manusia yang dikehendaki oleh-NYA. Betapa bahagianya seorang ibu yang dititipkan seorang malaikat kecil untuk keluaga kecilnya. Anak dilahirkan dalam keadaan suci. Tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh lingkungan dimana ia tumbuh dan berkembang. Sebagain orang tua ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya melalui pendidikan formal dan tidak formal. Namun orang tua harus tahu akan kemampuan anaknya dan biarkan anak Kita tumbuh dan  berkembang sesuai fitrahnya. Orang tua juga sebaiknya memberikan pendidikan bukan saja yang berhubungan dengan kecerdasan intelektual namun juga harus dibarengi dengan kecerdasan spiritual agar seimbang.  Biasa orang tua malah memaksakan semua ilmu kepada anaknya padahal dari semua ilmu itu hanya beberapa yang sesuai dengan passion anak.

Janganlah memaksakan kehendak kita kepada anak. Karena boleh jadi apa yang mereka lakukan bukan karena keinginan dari hati mereka namun karena paksaa orang tua.
Pengalaman bersama teman saya waktu sekolah salah  memilih jurusan bukan pilihannya sendiri namun kemauan orang tua. Kemudian setelah lulus dan masuk ke salah satu universitas ternama di Jakarta. Jurusan yang diambil pun kemauan orang tua. Hanya mengikuti dua semester akhirnya teman saya keluar dari universitas tersebut karena dia capek jurusan yang diambil  tidak sesuai dengan keinginannya. Sia-sia waktu, materi, tenaga akibat kemauan orang tuanya.


Marilah para orang tua anak adalah titipan, Kita hanya sebagai jembatan untuk mereka mencapai apa yang diinginkan. Selagi Cara yang anak Kita lakukan itu masih di jalan yang benar ,why not?
"Berikan apresiasi kepada anak ketika dia berhasil dan tidak membanding-bandingkan ia dengan anak yang lain sekalipun itu kakak atau adiknya."

8 comments:

  1. Replies
    1. bener mas.... masih harus banyak belajar tentang anak saya

      Delete
  2. dan kadang orangtua membandingkan anak satu dengan yng lain. padahal tiap anak unik punya kelebihan dan kekurangan msing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, mereka dilahirkan sudah membawa fitrah masing-masing

      Delete
  3. PR kalau jadi orang tua ni, harus tahu kemampuan dan passion si anak kemana...

    ReplyDelete
  4. pengen banget bisa mempelajari cara mendidik anak
    agar bisa menjadikan edukasi dini
    sehingga bisa diterima di masyarakat awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo mas.... saya juga masih harus banyak belajar,,,

      Delete

Popular Posts

Recent Posts

Nama saya Nurbaini, aktif di Blogger 2017. Ibu rumah tangga dan ranah publik. " Cita-cita tertinggi meninggal syahid di jalan Allah"

Follow Us @nurbaini29

Followers

Postingan Populer

Postingan Populer