Wednesday, February 21, 2018

Cooking is my Hobby


Assalamualaikum wr.wb

Hobby seseorang pastinya berbeda-beda. Nah Hobby saya adalah memasak. saya bisa memasak dari kelas 4 SD. namun ya begitulah rasanya belum terlalu ok hanya bisa dimakan oleh saya saja hehehe. Namun seiring berjalannya waktu dengan sering membantu ibu memasaka dan mmbuat kue muncullah hobby disana. kalau ingat masa smk dulu semuanya mau dijual karena kebanyakan yang saya tawarkan barang maupun apapun itu 90% ok, bisa di bilang marketingnya ok lah hehehee

Pengalaman mengikuti training soalnya, kalau mau madunya jangan tendang sarangnya hehehehe
Jadi satu deh Hobby memasak tadi dan marketing. kue yang sering saya buat bollen, pizza, roti dan masih banyak lagi tidak bisa disebutkan 1 per satu hehehehe

Jadi kalau dirumah gak ada makanan saya bingung sendiri karena ibu saya pun hobby membuat makanan turun deh ke anaknya




Pizza ala umi fiza



Nugget Tempe

Putu Mayang

Jasuke

Roti Jala

Roti Sobek

Puding Regal

Bollen piscok dan  keju

Roti Bakar dan Pau

kalau ada yang pengen makan boleh hubungi saya biar saya buatkan ya hehehehehe,


cintai hobby mu ,,,,,dan kembangkan hobby mu

ini ceritaku,,,mana ceritamu,,,,,


Monday, February 19, 2018

Aliran rasa game level empat

Alhamdulillah

Game level 4 ini terpenuhi dengan baik. namun saya belum bisa menemukan 100% gaya belajar anak saya. Namun saya udha tahu kemampuannya adalah gaya belajar audio dan visual. Namun diantara yang dua ini pasti ada yang lebih dominan. Nah ini tantangan emaknya selanjutnya tetap harus mengamati gaya belajar anak walaupun game nya emang sudah selesai tapi harus tetap kontinyu dalam praktek dalam kehidupan selanjutnya,,,,,,


Terima kasih IIP telah memberikan pencerahan dalam memahami gaya belajar anak.

#Aliran Rasa
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#Gaya belajaranak
#KuliahBunSayIIP


Wednesday, February 14, 2018

Menuai Hasil dari Apa yang di tanam

Perkenalkan nama saya nurbaini. Anak pertama dari 4 bersaudara yaitu Zulfikar Rusmaniar dan Nurhidayat. Sebulan sebelum kepergian Ayah saya sempat berbincang bagaimana jika saya kuliah di luar, namun jawaban ayah dengan tegas kan di batam banyak tempat kuliah. Ternyata itu pesan yang dalam banget buat saya .Ayah pergi pada  20 hari sebelum saya UN di SMK karena pembuluh darahnya pecah. Rasanya sedih sekali..... saya belum sempat membahagiakan beliau. Namun saya harus kuat karena saya anak pertama yang masih memiliki 3 adek yang harus saya biaya. Ibu saya seorang yang kuat walaupun hanya ibu rumah tangga namun saya bangga memiliki ibu seperti beliau, pekerja keras dan sangat tangguh. 

Alhamdulillah saya lulus dengan nilai yang memuaskan. 1 bulan setelah kelulusan saya sudah bekerja walaupun ijazah smk saya belum keluar. Awalnya saya masih ragu untuk kuliah karena masih harus membiayai adik-adik saya sekolah. ibaratnya saya adalah tulang punggung keluarga. Namun setelah setahun saya bekerja ada teman satu kantor yang mendukung coba-coba saja cari infomasi dulu siapa tahu bisa mengajukan beasiswa. Jujur saya iri dengan teman-teman yang bisa kuliah. Akhirnya saya mulai mencari informasi di web tentang Politeknik Negeri Batam. Ternyata ada program PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dari Poltek. Saya mulai mempersiapkan berkas persyaratan untuk ikut jalur itu. tahapan demi tahapan saya lewati. Sesi terakhir adalah Wawancara. kemudian 2 bulan setelah itu saya melihat pengumuman di web nama saya lulus.... Alhamdulillah.

Padahal uang sepeser pun gak ada nih di tangan. Akhirnya saya bilang ke nenek untuk meminjam uang dulu sekitar 1.750.000,- karena seingat saya kalau ikut PMDK bayarnya cuma setengah. Pergilah saya ke kampus untuk melunasi uang pembayaran kuliah dan alhamdulillah lagi saya ternyata di tanggung full hanya saja membayar 50.000,- uang koperasi pada saat itu. Padahal 1 tahun sebelumnya uang masuk sekitar 6 jutaan. beruntungnya saya karena di tahun asuk saya poltek telah menjadi negeri. Ini kaena kerja keras belajar waktu SMK dengan belajar giat dan mendapat nilai bagus, kemudian segala perlombaan yang saya ikuti juga mendukung untuk meraih beasiswa itu tanpa tes. Sedangkan teman saya banyak yang ingin masuk sana udah tes 3 kali masih gagal juga. Saya merasakan belajar sungguh sungguh akan membuahkan hasil tidak pada saat kita belajar namun 5 sampai 10 tahun setelah itu. Maka dari itu marilah semua kita sama-sama belajar. walaupun sekarang sudah menikah dan memiliki anak tidak menghambat untuk kita tetap belajar.


Semoga cerita ini bisa di ambil ibrohnya 




Memberi makan Ayam

Tantangan Hari Ke-sepuluh Game Level#4


Alhamdulillah hari ini fiza bangun lebih awal karena uminya juga bangun lebih awal. Kemudian fiza ikut sarapan jam 6 pagi dengan pamannya di dpaur menemani saya yang sedang menggiling bollen heheheh ,,,,,, setelah saya memanggang bollen saya ajak fiza ke kamar dan iya pun membangunkan abinya yang sednag tidur.

" Abi angun, ja. (abi bangun kerja maksud fiza) sambil menusuk hidung abinya

tidak lama di kamar Fiza minta keluar ,,,,,,

" Umi, Ayam.... itu....

" oh adek mau ngapain?" tanya saya

" ini,,,, (mengambil jagung buat di kasih makan ke ayam ternyata"

" oh, adek mau kasih makan ayam?"

" iya, mi,,,, dengan semangat iya keluar untuk memberikan makan ayam,,,,

" Fiza jangan deket2 dek, ayamnya lari ntar,,,!"

" oooooh, "jawaban fiza. nak nak udh macam orang besar aja di kasih tahu jawabannya ooooo

abinya hari ini ada job jadi sama nenek deh fiza dirumah.menjelang uminya berangkat gak mau lepas dari uminya...dan akhirnya luluh juga sama neneknya di tinggal kerja hari ini. semangat belajar ya nak,.......



#harike10
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Tuesday, February 13, 2018

Rumput Hijau

Tantangan Hari Ke-sembilan Game Level#4

Alhamdulillah hari ini sudah sampai hari yang ke sembilan dalam mengamati gaya belajar anak. Hari ini hafizah jalan-jalan ke batamindo untuk bermain di alam rumput hijau. fiza mengenal warna hijau dari rumput.

Fiza ini rumput warnanya hijau ya dek, penjelasan dari abinya. 

oooo, jau,,,,,, jawab fiza

adek mau ke mana?

cana mi,,,, ayok


mengajak berlari bersama abinya,,,,,,

kemudian berhenti di taman,,,,,,

Abi,,,, antik unga,,,,,,(abi cantik unganya maksud fiza)

alhamdulillah fiza udah bisa memberikan penilaian cantik terhadap sesuatu benda

karena udah lelah ia bilang ke abinya

"abi ayok pulang, apekkkk bi....( capek maksud fiza) walah nduk nduk belum 2 tahun udah bisa bilang capek,,,,,,

tapi uminya senang dengar nya karena udah bisa menyampaikan apa yang iya rasakan







Sekian ceria fiza hari ini ya teman-teman

sampai jumpa esok hari

#harike9
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Monday, February 12, 2018

Mengenal warna

Tantangan Hari Kedelapan Game Level#4




Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari yang ke delapan. Hari ini saya belikan Fiza Crayon untuk mencoret-coret dan mengenal warna. Senang sekali ketika melihat ada crayon saya berikan kepadanya. Langsung meminta kertas untuk tulis

" umi, tas ntak?" umi minta kertas maksudnya

" ini dek, saya pun memberinya

kemudian mulai Fiza menggoreskan Crayon k kertas yang saya berikan ,,,,,,
"ini warna apa dek,,,,?

" Ning,,,,, kuning maksudnya,,,,

" itu mau gambar apa?

" bebek,,, lagi lagi bebek yang disebutkan hafiah. kesenanngannya adalah bebek,,,,,jadi semua gambar yang d tanya jawabnya bebek kalau lagi gambar

hari ini baru belajar satu warna besok kita belajar warna lain ya dek,,,,,,


#harike8
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Menyapa di Pom Bensin

Tantangan Hari Ketujuh Game level#4

Hari ini jadwalnya undangan ke tempat teman satu Smk tepatnya di punggur. Sepanjang perjalanan Fiza terlihat senang. Sesampai di tempat acara langsung deh menyapa orang-orang yang berada di sekitarnya. Di sana saya banyak berjumpa dengan teman-teman lama berasa reunian hehehehe

Kami pulang dari sana pas lagi azan maghrib, akhirnya kami mampr ke masjid untuk solat magrib.
saya hanya menunggu di luar karena lagi libur. Fiza tandinya anteng duduk tapi ketika melihat anak kecil banyak di dalam masjid ia pun langsung berlari ke dalam masjid menghampiri anak- anak yang sedang ada di dalam masjid. Selama orang solat Fiza pun sibuk berlari mengejar anak-anak yang lagi berwudhu. Saya hanya melihat dari kejauhan karena kalau saya kejar Fiza bakalan tambah lari.

Setelah abinya magriban kami pun pulang, dan singgah di pom bensin. Sesampainya kami di pom bensin dan antri fiza langsung deh

" oom," menyapa yang sedang bertugas

" eh adek,,,, jawab oom nya

" calim,,,,," minta salam dia aduh Fiza,,,, Fiza

" oh adek mau cali ?" tanya petugas

" iya sambil menodorkan tangannya

setelah selesai dan  kami ingin pergi fiza bilang

" acihhhhh...., makasih maksudnya.... dan kami pun pulang ke rumah.


Sekian Cerita hari ini

#harike7
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Inisiatif Cuci Kaki, dan tangan sendiri

Tantangan Hari Ke-Enam#4




Seperti Biasanya sebelum masuk kamar tidur, Kalau hafizah habis main dari luar saya selalu membawanya ke kamar mandi untuk cuci kaki, tangan dan wajahnya. Kemudian menganti bajunya sebelum tidur. Hari ini saya berbaring di kamar kemudian Fiza masuk ke kamar dengan kondisi tangan wajah dan kaki yang basah.

" fiza kok basah-basah?"
" ci, mi.....
" adek dari kamar mandi ya cuci tangan?"
" iya, mi.... tu tu tu sih kan?" ( maksudnya menunjukkan tangan kaki nya udh bersih )
" oh,,,,, pinter adek ya,,,,,,
" Mimik, mi?"
" sayang Umi dolong dong?"
" mmmuach , (sambil menarik kepala saya ke bibirnya Fiza)


Sekian untuk certa hari ini ya,,,,,


#harike6
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Thursday, February 8, 2018

Tips menjalankan aktifitas di rumah dengan happy

Alhamdulillah tahun ini udah 3 tahun menjadi Ibu rumah tangga dan ibu ranah publik. Dengan aktifitas yang dirumah begitu banyak rasanya satu hari 24 jam itu kurang. Baru pulang sebentar udah disibukkan kembali dengan aktifitas di dapur. Waktu bermain dengan anak pun semakin sedikit. Belum lagi menghadapi anak yang luar biasa aktifnya.
Dengan it saya memiliki tips untuk menjalankan semua kegiatan dirumah dengan hati yang senang.
1. Lakukan pekerjaan dengan ikhlas agar apa yang kita kerjakan tidak sia-sia
2. Kerjakan dari hal yang paling sedikit menyita waktu. Karena Kita tidal tahu apa yang akan terjadi satu jam ke depan.
3. Jangan lupa tarik nafas yang panjang jika melihat anak yang membuat ruangan berantakan dengan mainan dan berfikirlah itu seni yang dimiliki anak anda.
4. Jika sudah merasa lelah istirahat sejenak, luruskan kaki selonjoran di lantai sambil mengurutnya.
5. Luangkan family time untuk jalan-jalan sore walaupun cuma sebentar itu akan berpengaruh dalam keharmonisan.
6. Puji suami ketika ia telah membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.
Sekian tips dari Saya.....
Silahkan di coba.....

Tuesday, February 6, 2018

Mobil Polisi

Tantangan Hari Kelima Game Level#4



Hari ini saya jalan sama fiza dan abinya. Kemudian pas di jalan ada mobil polisi lewat, Langsung Fizanya teriak

"Umi, umi, lisi,,,,!

" apa dek?"

" Lisi itu ,,,, sambil menunjuk mobil polisi

" oh polisi?

" iya itu lisi, mi,,,,tuttut tututut

Saya hanaya tersenyum anak umur 2 tahun kok udah tahu mobil polisi, padahal saya gak pernah mengajarkan itu mobil polisi. Mungkin karena sering bermain sama abinya dan dari itu fiza tahu.
Sepanjang perjalanan menunjuk mobil dan motor sambil berhitung

" satu, uwa, tiga, mamat...(empat maksudnya)

" empat dek bukan mamat, jawab saya

" oooh, jawab fiza

Fiza semangat belajar ya nak,,, umi tidak memaksakan adk untuk bisa semuanya,,, tapi umi akan mendukung kamu tumbuh sesuai fitrahmu,nak.......

#harike5
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Monday, February 5, 2018

Terima Kasih

Tantangan Hari Keempat Game Level#4

Alhamdulillah hari ini sudah sampai pada hari keempat game level 4. Hari ini hafizah bermain dengan anak-anak yang 3 sampai 4 tahun di atasnya. Namun fiza asik bermain dengan mereka kemudian saya memperhatikan pembicaran mereka

Fiza:" tatak, njam bola?"
kaka: " ini dek." memberikannya kepada fiza
Fiza: " aciiii...." makasih maksudnya

Karena udah siang waktunya fiza untuk tidur siang saya mengajak fiza untuk pulang ke rumah dan mengembalikan mainan yang dipinjamkan tadi sama kakak kakak teman bermain hafizah. sambil saya menggendongnya langsung fiza bilan ke teman-temanya

" dada tata, fiza bobok". mau bobok maksudnya pamitan ke teman-temannya. Fiza anak yang tidak takut dengan siapa pun, dan lasak sekali pas main di taman bermain pun kepala udah kejedot besi masih aja tetap mau main, tidak menangis dan minta pulang, malahan dia ketagihan. Emaknya yang geregetan lihat kepala yang sudah benjol.

sekian cerita hari ini

#harike4
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Pakai Gendongan

Tantangan Hari Ketiga Game Level#4

Hari ini Fiza tidur cuma sebentar saja, karena kurang enak badan. Kemudian saya sedang menyetrika baju akhirnya harus mengalah karena fizanya minta digendong pakai gendongan. Beberapa Menit kemudian fiza minta turun,

" umi tlun bawah,,,". minta fiza

" ok dek,,,, (karena udah setengah jam bergantungg sama uminya lumayan olahraga uminya ini)
" Umi pacang,mi ndon adek! (uminya mulai bingung, ternyata gantian dia yang minta pakai gendongan)
" oh adek mau pakai ini?'

" iya mi, ndon adek. (sambil menunjukkan bonekah Hafizah yang ingin dimasukkan ke dalam gendongan).




Sambil menggendong boneka hafizah bernyanyi "dudududududuu", adek bobok,,,, sambil menepuk gendongan nya. saya hanya tersenyum melihatnya. kemudian mengangkat bonekannnya perlahan-lahan sambil ngucap " Allahu Akbal". karena melihat Abinya kalau mau mengangkat sesuatu selalu nyebut Asma Allah. Jadinya Fiza ikut deh ......

#harike3
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP



Sunday, February 4, 2018

Mengenal Pesawat dari Suaranya

Tantangan Hari Kedua Game Level#4



Hari ini hari kedua tantangan untuk menceritakan hasil pengamatan melihat cara belajar Hafizah. Rumah saya dekat dengan Bandara Hang Nadim, Jadi jika pesawat lewat pada saat take off kedengaran sampai ke rumah dan bisa terlihat dari jendela rumah . Selesai mandi saya memakaikan baju hafizah tidak lama kemudian ada deh pesawat lewat fiza langsung ngomong ke saya

Fiza: "Umi cawat,,,,, itu,,,,!
Umi: " Mana dek?"
Fiza: " Itu....(Langsung Berdiri menuju Jendela dan Menuunjuk ke arah pesawat)
Umi: "Pinter adek,,,,,,ada berapa pesawatnya dek?
Fiza: " Empat, (sambil mengangkat tangannya dengan 4 jari)
Umi: " Cuma satu dek pesawtnya yang lewat bukan 4 jawab saya

Senang Sekali fiza sudah mmulai bisa menyebutkan benda di sekitarnya satu persatu ya walaupun omongannya belum begitu jelas namun saya mengerti aapa yang disampaikan fiza


Sekian cerita belajar hari ini


#harike2
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Friday, February 2, 2018

Gambar Bebek

Tantangan Hari Pertama Game Level#4

Assalamualaikum wr.wb




Alhamdulillah sudah sampai pada game level 4 yang sangat menantang, yaitu mengamati perkembangan kecerdasan anak. Hafizah bulan ini sudah mau 2 tahun. Kalau mengamati Hafizah anaknya lebih ke audio dan visual. karena setiap apa yang ia dengar langsung dia ucapkan. Di kamar saya sediakan gambar binatang-binatang jadi setiap saya tanya fiza menyebutkan satu persatu.

Setiap jumpa buku dan pena selalu menggambar. "Fiza mau gambar apa?" tanya saya

"Bebek, mi....

" ada berapa bebeknya itu, dek?"

" Empat, mi. (Angka kesenangan fiza)

Sambil melatih kecerdasan saya tidak boleh ngomong yang macam-macam karena Hafizah anak yang cepat sekali menangkap.

untuk hari ini itu aja perkembangan yang saya lihat dari fiza

#harike1
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP

Popular Posts

Recent Posts

Nama saya Nurbaini, aktif di Blogger 2017. Ibu rumah tangga dan ranah publik. " Cita-cita tertinggi meninggal syahid di jalan Allah"

Follow Us @nurbaini29

Followers

Postingan Populer

Postingan Populer