Sunday, September 23, 2018

Review Fitrah Seksualitas Day 1 (presentasi kelompok 6)

Picture dari presentasi kelompok 6 

Nah, Tugas di Game Level 11 ini makin menantang karena materi di sampaikan oleh semua kelompok dan di bahas bersama di kelompok jika ada pertanyaan seru ya learning by teaching. Pada hari ini materi yang disampaikan adalah apa itu fitrah seksualitas. Fitrah seksualitas adalah menumbuhkan kesadaran dan sikap bahwa laki- laki harus menjadi ayah sejati dan perempuan tumbuh menjadi ibu sejati. 

pada pembahasan saya melihat untuk seusia hafizah yaitu 3-6 tahun harus di dekatkan dengan ayah dan ibunya agar memiliki keseimbangan emosional dan rasional  karena pada usia 3 tahun anak-anak harus sudah bisa memastikan identitas seksualnya. ini PR banget buat saya karena Hafizah lebih dekat dengan Abinya sama saya dekatnya jika Abinya kerja jika tidak saya jadi yang nomor 2. Rasa iri pasti ada karena dekat ke  Abinya jauh lebih dalam ketimbang sama saya. Fiza dekat denagn saya pada usia 0-2 tahun karena ia masih ASI. setelah itu Abinya jadi yang nomor 1.

Tantangan yang di hadapi pada zaman sekarang ini adalah sebagai berikut:

  • Kurangya peran aktif orang tua dalam pengawasan dan pengasuhan terhadap anak
  • Banyaknya Kasus LGBT  yang merupakan penyimpangan seksual
  • Banyak kasus kejahatan seksual (Pedofil)
nah pada diskusi ini pembahasa lebih ke Pedofil, langkah untuk mencegahnya yaitu:



1. Anak di bekali dengan pengetahuan dasar mana yg boleh di sentuh mana yg tidak. Dan harus bagaimana ketika ada yg memaksa (berteriak atau lari)

2. Selalu terbuka dengan anak agar anak nyaman bercerita hal sekecil apa pun sama kita, krn seringkali pelaku pedofil mengancam anak untuk tidak bercerita pada orang tua

3. Tanamkan agar anak berani berkata tidak atau stop

4. Batasi upload foto anak ke sosmed orang tua. 

5. Awasi penggunaan gadget pada anak

6. Ajarilah anak untuk berteriak 'tolong' alih-alih 'mama/bunda' saat dia merasa terancam oleh orang lain. Teriakan tolong akan lebih menarik atensi.
 selain itu juga harus mewaspadai orang yang berada di sekitar kita untuk masalah pedofil karena bisa jadi orang tersebut ada di lingkungan dekat rumah sendiri.

Kemudian Bagaimana solusinya untuk menumbuhkan fitrah seksualitas ini kalau misal salah satu orang tua meninggal di saat anak blm masuk usia akil baligh?

Solusi utk single parent:

- Bisa mencari figur laki-laki dewasa untuk anak kita dan dekatkan anak-anak kita pada sosok tersebut. Begitupun sebaliknya. Misalnya paman sebagai peran ayah, atau bibi.

- mencoba  menanamkan sikap menerima bahwa kehidupan kita dan anak-anak tidak ideal.
- memberikan bekal ilmu, akan membangun tiga hal yang sangat penting untuk pendidikan anaknya yaitu emotional quotient (EQ), spiritual quotient (SQ) dan intelligence quotient (IQ).

- Pastikan sikap yang orang tua lakukan dan yang anak-anak tiru adalah perilaku yang baik.

- Kebutuhan Batin Anak.
Perhatian dan komunikasi di jaman sekarang, tidak terbatas pada jarak. Komunikasi dari orang tua kepada anak mestilah dilakukan dengan penuh keikhlasan dari hati.

Jika orang tuanya LDR maka hal yang harus tetap di jaga yaitu sosok ayah ketika tidak berada di rumah atau bisa juga dengan komunikasi kan sekarang zaman udah canggih bisa kapan aja menghubungi ayahnya.

Tantang peran orang tua di zaman ini sangat besar sekali, semoga Allah menjaga anak-anak kita amiin.


Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#FitrahSeksualitas

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Nama saya Nurbaini, aktif di Blogger 2017. Ibu rumah tangga dan ranah publik. " Cita-cita tertinggi meninggal syahid di jalan Allah"

Follow Us @nurbaini29

Followers

Postingan Populer

Postingan Populer