Monday, September 24, 2018

Review Fitrah Seksualitas Day 3 (presentasi kelompok 2)

dari presentasi kelompok 2
pada kelompok 2 ini lebih ke pembahasan membangkitkan Fitrah Seksual pada anak Usia Dini. Beberapa kegiatan yang bisa ibu coba dirumah dalam mengenalkan Fitrah seksualitas kepada anak sebagai berikut:

  • Ajak anak bercermin dan kenalkan satu persatu anggota tubuh mereka. mana yang boleh disentuh orang mana yang tidak boleh di sentuh
  • Ajak anak mengrnali jenis kelaminnya sendiri. kemudian bisa juga melalui media printable .
  • Ajak anak menyanyikan lagu edukasi 
  • Ajak anak membaca buku edukasi seksual untuk anak dengan pendampingan
  • tanamkan nilai- nilai keluarga dalam mendongng atau kisah yang berhubungan dengan fitrah seksualitas
  • fitrah keimanan juga penting bagi anak agar anak merasa selalu ada yang mengawasi walaupun tanpa pendampingan orang tua.
  • mengenalkan aurat kepada mereka

Selain itu juga dalam pengenalan jenis kelamin harus mengatakan kata yang sesunguhnya tidak boleh di kasih nama yang lain agar anak tidak bingung dengan nama jenis kelamin. Biasanyakan setiap ibu memberi nama jenis kelamin yang berbeda- beda contohnya : oong, titit, burung dan sebagainya. nah ini yang harus diubah dalam bahasa penyampaian kepada anak. Membatasi gadget anak juga salah satu pengawasan dalam perkembangan zaman yang serba canggih seperi sekarang. Pendidikan seks usia dini harus diajarkan kepada anak agar mereka tidak mencoba hal-hal baru dan membuat mereka penasaran. Carilah lingkungan yang baik untuk anak karena baik pun anak di rumah belum tentu baik jika mereka mendapatkan teman teman yang lingkungan kurang baik.

Fase dimana anak senang memegang jenis kelaminnya di sebut fase phallic.Anak yang menalami fase phallic  bisa di beri pengertian atau di alaihkan ke kegiatan lain. Serta doakan anak kita agar selalu diberi perlindungan oleh ALLah SWT. amin

Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#FitrahSeksualitas

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Nama saya Nurbaini, aktif di Blogger 2017. Ibu rumah tangga dan ranah publik. " Cita-cita tertinggi meninggal syahid di jalan Allah"

Follow Us @nurbaini29

Followers

Postingan Populer

Postingan Populer