Wednesday, September 26, 2018

Review Fitrah Sekualitas day 5 (kelompok 8)





Semakin hari semakin seru pembahasan mengenai fitrh seksualitas. Nah kelompok 8 lebih menekankan materi pendidikan fitrah pasa usia 0-7 tahun. Karena anak usia dini telah bisa menggunakan teknologi dengan leluasa. Mengapa saya katakan begitu karena anak saya sendiri umur 2 tahun udah tahu mana icon youtube jika dibiarkan sampai besar tanpa kontrol akan berdampak negatif bagi anak. oleh sebab itu sebagai orang tua harus memberi batasan dalam menggunakan gadget.  Jika orang tua kurang perhatian maka imbas akan terkena pada anak. pentingnya menumbuhkan Fitrah usia 0-7 tahun adalah dengan cara memisahkan tempat tidurnya.  Anak diwajibkan tidur sendiri saat sudah paham arah. Maksimal usia 7 tahun sudah harus tidur terpisah. Tapi sudah mulai bisa dibiasakan dari usia 3 tahunan. 

Tapi, karena masih belajar, biasanya anak usia 3 tahunan masih suka bangun malam kemudian nyari ortunya, untuk tidur bareng.

Karena masih proses, nggak apa apa bunda. Kakak usia 3 tahun sudah mau dikelonin dan tidur di kamar sendiri itu udah luar biasa.

Jadi kalau terbangun, boleh ikut tidur bareng kita, dipeluk. Atau kita antar ke kamarnya temenin lagi sampai dia tertidur.

Untuk anak usia 3 tahun, masih wajar banget.

Anak usia 2 tahun ke atas biasanya logika berpikirnya sudah mulai jalan dan kritis, dan sudah bisa diajak berbincang. Jadi Ayah dan Bunda bisa pelan2 kenalkan konsep waktu dan jam. Karena anak2 itu pikirannya konkrit, kita perlu kasih tahu, batas jam maksimal untuk tidur itu seperti apa, saat jarum nya menunjukan seperti apa. 

Standar malam nya juga perlu jelas.Anak bisa belajar hidup teratur, saat kita pun memberi rules yang jelas. Tahapan adab tidurnya seperti apa, mulai dari jam berapa ke jam berapa. Jadi sebenarnya buku cerita Belajar Adab Tidur yang kami tulis, maksudnya untuk itu,

Untuk memahamkan anak dengan cara yang KONKRIT yang mudah dimengerti anak.

Kalau kita TEGAS dengan cara yg lembut, kasih rules yang JELAS, dan negosiasis secara LUGAS sama anak, insyaAllah anak bisa mengerti dan nggak bingung aturan.

Jika anak tidak ingin pisah tempat tidur bisa dibuat dengan cara yang menarik yaitu mengajak nya membeli tempat tidur, memilih warna cat kamar dan memilih selimut kesukaan nya.

selain itu juga bisa dengan cara membacakan buku cerita melalui dongeng. Dan hal yang terpenting adalah sentuhan orang tua kepada anak nya. empat bagian tubuh anak, supaya menjaga kedekatan antara orang tua dan anak. Empat bagian tubuh tersebut adalah ubun-ubun, dahi, kedua pipi, dan tangan anak. Ini bisa dilakukan hingga anak dewasa.

Menjelaskan kepada anak bahwa ada bagian yang boleh dan tidak boleh dipegang itu perlu. jika seseorang memegang bagian yang tidak boleh maka panggil ibu atau bilang Tolong. sekian bunda....

#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#FitrahSeksualitas

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Nama saya Nurbaini, aktif di Blogger 2017. Ibu rumah tangga dan ranah publik. " Cita-cita tertinggi meninggal syahid di jalan Allah"

Follow Us @nurbaini29

Followers

Postingan Populer

Postingan Populer